ANALISIS PENGARUH KREATIFITAS IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN SERTA IMPLIKASINYA PADA SIKAP TERHADAP MEREK (STUDI PADA IKLAN TELEVISI PT DJARUM DI KOTA SEMARANG)

WULANDARI, Wulandari and RAHARDJO, Daryono and SULISTYORINI, Utami Tri,(12 August 2009), ANALISIS PENGARUH KREATIFITAS IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN SERTA IMPLIKASINYA PADA SIKAP TERHADAP MEREK (STUDI PADA IKLAN TELEVISI PT DJARUM DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreatifitas iklan dan kredibilitas endorser terhadap efektifitas iklan serta implikasinya pada sikap terhadap merek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 140 responden yang pernah melihat iklan Djarum Coklat Nidji di televisi untuk menjawab pertanyaan mengenai kreatifitas iklan, kredibilitas endorser, efektifitas iklan, dan sikap terhadap merek. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang menyatakan bahwa semakin tinggi kreatifitas iklan maka akan semakin tinggi pula efektifitas iklannya, semakin tinggi kredibilitas endorser maka akan semakin efektif pula iklannya, dan semakin efektif iklan tersebut maka akan semakin positif pula sikap terhadap merek dapat dibuktikan dan diterima secara statistik. Berdasarkan model penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini, maka dapat memperkuat konsep-konsep teoritis dan memberikan dukungan empiris terhadap penelitian terdahulu. Literatur-literatur yang menjelaskan tentang kreatifitas iklan dan kredibilitas endorser terhadap efektifitas iklan dan sikap terhadap merek telah diperkuat keberadaannya oleh konsep-konsep teoritis dan dukungan empiris mengenai hubungan-hubungan kausalitas dan variabel-variabel yang mempengaruhi efektifitas iklan. Selanjutnya efektifitas iklan akan mempengaruhi sikap konsumen terhadap merk yang diiklankan. Sedangkan implikasi manajerial dari penelitian ini, antara lain: perusahaan sebaiknya membuat iklan yang unik, mengandung pesan tertentu, tidak memakai lagu, menggunakan endorser yang profesional dan terkenal di semua kalangan, memberikan informasi kelebihan Djarum Coklat dibanding merek lain, dan pembagian sampel sekaligus menyediakan harga khusus untuk pembelian yang dilakukan saat itu. Saran untuk penelitian mendatang adalah mengganti indikator-indikator yang indeksnya rendah dan menambahkan variabel independen lain yang secara teoretis memiliki pengaruh terhadap efektifitas iklan atau sikap terhadap merek, misalnya: kredibilitas perusahaan
Keywords : Keywords: advertising creativity, endorser credibility, advertising effectiveness, attitude toward the ad, Kata kunci: kreatifitas iklan, kredibilitas endorser, efektifitas iklan, sikap terhadap merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:17
Last Modified: 03 Sep 2021 04:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item
View Item