WULANDARI, Wulandari and RAHARDJO, Daryono and SULISTYORINI, Utami Tri,(12 August 2009), ANALISIS PENGARUH KREATIFITAS IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN SERTA IMPLIKASINYA PADA SIKAP TERHADAP MEREK (STUDI PADA IKLAN TELEVISI PT DJARUM DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (88kB)
Download (88kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreatifitas iklan dan
kredibilitas endorser terhadap efektifitas iklan serta implikasinya pada sikap
terhadap merek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang
disebarkan kepada 140 responden yang pernah melihat iklan Djarum Coklat Nidji
di televisi untuk menjawab pertanyaan mengenai kreatifitas iklan, kredibilitas
endorser, efektifitas iklan, dan sikap terhadap merek. Data yang terkumpul
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation
Modelling (SEM).
Hasil analisis dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa ketiga
hipotesis yang menyatakan bahwa semakin tinggi kreatifitas iklan maka akan
semakin tinggi pula efektifitas iklannya, semakin tinggi kredibilitas endorser
maka akan semakin efektif pula iklannya, dan semakin efektif iklan tersebut maka
akan semakin positif pula sikap terhadap merek dapat dibuktikan dan diterima
secara statistik.
Berdasarkan model penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini,
maka dapat memperkuat konsep-konsep teoritis dan memberikan dukungan
empiris terhadap penelitian terdahulu. Literatur-literatur yang menjelaskan tentang
kreatifitas iklan dan kredibilitas endorser terhadap efektifitas iklan dan sikap
terhadap merek telah diperkuat keberadaannya oleh konsep-konsep teoritis dan
dukungan empiris mengenai hubungan-hubungan kausalitas dan variabel-variabel
yang mempengaruhi efektifitas iklan. Selanjutnya efektifitas iklan akan
mempengaruhi sikap konsumen terhadap merk yang diiklankan.
Sedangkan implikasi manajerial dari penelitian ini, antara lain: perusahaan
sebaiknya membuat iklan yang unik, mengandung pesan tertentu, tidak memakai
lagu, menggunakan endorser yang profesional dan terkenal di semua kalangan,
memberikan informasi kelebihan Djarum Coklat dibanding merek lain, dan
pembagian sampel sekaligus menyediakan harga khusus untuk pembelian yang
dilakukan saat itu.
Saran untuk penelitian mendatang adalah mengganti indikator-indikator
yang indeksnya rendah dan menambahkan variabel independen lain yang secara
teoretis memiliki pengaruh terhadap efektifitas iklan atau sikap terhadap merek,
misalnya: kredibilitas perusahaan
Keywords : | Keywords: advertising creativity, endorser credibility, advertising effectiveness, attitude toward the ad, Kata kunci: kreatifitas iklan, kredibilitas endorser, efektifitas iklan, sikap terhadap merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 04:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 04:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9122 |