STUDI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN (Studi Kasus pada Perawat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung)

MAHARDIKARANI, Mahardikarani and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(September 2009), STUDI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN (Studi Kasus pada Perawat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (288kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (376kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (410kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membuat pelatihan yang berorientasi pada customer service lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Selanjutnya dikembangkan sebuah permodelan dan lima hipotesis untuk menjawab masalah tersebut. Model penelitian menunjukkan lima hipotesis penelitian, yaitu pelatihan yang berorientasi pada customer service berpengaruh positif terhadap kompetensi sosial (hipotesis 1); semakin tinggi kompetensi sosial, semakin tinggi orientasi pelanggan (hipotesis 2); ciri kepribadian berpengaruh positif terhadap orientasi pelanggan (hipotesis 3); semakin tinggi kompetensi sosial, semakin tinggi kualitas pelayanan keperawatan (hipotesis 4); semakin tinggi orientasi pelanggan, semakin tinggi kualitas pelayanan keperawatan (hipotesis 5). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 108 responden, di mana respondennya adalah perawat di RSISA. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 16.0. Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness-of-Fit, yaitu Chi-Square 183,504; Probability 0,142; GFI 0,864; AGFI 0,826; TLI 0,984; CFI 0,986; CMIN/ DF 1,119; dan RMSEA 0,033. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model penelitian ini dapat diterima. Setelah dilakukan analisis terhadap kelima hipotesis yang dirumuskan, maka dapat disimpulkan bahwa kelima hipotesis tersebut diterima.
Keywords : Keywords : Nursing Service Quality, Social Competence, Customer Orientation, Personality Traits, Customer Service Oriented Training, Kata kunci : Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kompetensi Sosial, Orientasi Pelanggan, Ciri Kepribadian, Pelatihan yang Berorientasi pada Customer Service
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:22
Last Modified: 17 Sep 2021 03:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item
View Item