MAHARDIKARANI, Mahardikarani and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(September 2009), STUDI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN (Studi Kasus pada Perawat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (127kB)
Download (127kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (288kB)
Download (288kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (289kB)
Download (289kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (376kB)
Download (376kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (410kB)
Download (410kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membuat
pelatihan yang berorientasi pada customer service lebih efektif dalam
meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Selanjutnya dikembangkan sebuah
permodelan dan lima hipotesis untuk menjawab masalah tersebut.
Model penelitian menunjukkan lima hipotesis penelitian, yaitu pelatihan
yang berorientasi pada customer service berpengaruh positif terhadap kompetensi
sosial (hipotesis 1); semakin tinggi kompetensi sosial, semakin tinggi orientasi
pelanggan (hipotesis 2); ciri kepribadian berpengaruh positif terhadap orientasi
pelanggan (hipotesis 3); semakin tinggi kompetensi sosial, semakin tinggi kualitas
pelayanan keperawatan (hipotesis 4); semakin tinggi orientasi pelanggan, semakin
tinggi kualitas pelayanan keperawatan (hipotesis 5).
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 108 responden, di mana
respondennya adalah perawat di RSISA. Alat analisis yang digunakan adalah
Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 16.0.
Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness-of-Fit, yaitu Chi-Square
183,504; Probability 0,142; GFI 0,864; AGFI 0,826; TLI 0,984; CFI 0,986;
CMIN/ DF 1,119; dan RMSEA 0,033. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan
bahwa model penelitian ini dapat diterima.
Setelah dilakukan analisis terhadap kelima hipotesis yang dirumuskan,
maka dapat disimpulkan bahwa kelima hipotesis tersebut diterima.
Keywords : | Keywords : Nursing Service Quality, Social Competence, Customer Orientation, Personality Traits, Customer Service Oriented Training, Kata kunci : Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kompetensi Sosial, Orientasi Pelanggan, Ciri Kepribadian, Pelatihan yang Berorientasi pada Customer Service |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 06:22 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9196 |