ANALISIS KELAYAKAN PERENCANAAN USAHA ADVERTISING AGENCY KUBINGKAI DI KOTA SEMARANG

DIYAURRAHMAN, Muhamad Rifdi and IDRIS, Idris,(1 October 2021), ANALISIS KELAYAKAN PERENCANAAN USAHA ADVERTISING AGENCY KUBINGKAI DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (240kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Business plan merupakan suatu dokumen perencanaan bisnis yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan pentunjuk arah jalannya suatu kegiatan bisnis di masa depan. Namun, perlu diketahui adanya pengkajian terlebih dahulu terkait business feasibility study atau studi kelayakan usaha pada perencanaan bisnis sebelum melakukan kegiatan operasi yang ditinjau dari aspek operasional, sumber daya manusia, aspek pasar dan pemasaran, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, dan aspek legalitas pada perencanaan bisnis. Dalam penelitian ini, dilakukan pembuatan studi kelayakan usaha pada perencanaan bisnis advertising agency atau perusahaan periklanan untuk mengukur risiko, peluang pasar, teknis operasi, dan kelayakan ide bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui metode kuisioer, studi pustaka, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan periklanan dengan menawarkan layanan jasa social media marketing atau pemasaran media sosial memiliki peluang dan jangkauan pasar yang luas di Kota Semarang. Perencanaan bisnis perusahaan periklanan ini membutuhkan total pendanaan proyek sebesar Rp 212.052.290,- yang terdiri dari biaya investasi sebesar Rp 51.482.398,- dan biaya modal kerja sebesar Rp 160.569.892,-. Hasil dari proyeksi perhitungan terhadap pendanaan proyek menunjukkan hasil Net Present Value (NPV) sebesar Rp 660.908.116,-, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 67%, Payback Period (PBP) selama 1 tahun 3 bulan, dan Benefit-Cost Ratio sebesar 1,30. Dari perhitungan analisis sensitivitas tersebut dan ditinjau dari berbagai aspek dapat dikatakan bahwa ide rencana bisnis advertising agency dapat dikatakan layak untuk dijalankan.
Keywords : business plan, business feasibility study, advertising agency, rencana bisnis, studi kelayakan usaha, perusahaan periklanan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhamad Rifdi Diyaurrahman
Date Deposited: 08 Oct 2021 08:48
Last Modified: 08 Oct 2021 08:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item
View Item