DIYAURRAHMAN, Muhamad Rifdi and IDRIS, Idris,(1 October 2021), ANALISIS KELAYAKAN PERENCANAAN USAHA ADVERTISING AGENCY KUBINGKAI DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (39kB)
Download (39kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (4kB)
Download (4kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (5kB)
Download (5kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (195kB)
Download (195kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (240kB)
Download (240kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Business plan merupakan suatu dokumen perencanaan bisnis yang dapat
dijadikan sebagai pedoman dan pentunjuk arah jalannya suatu kegiatan bisnis di
masa depan. Namun, perlu diketahui adanya pengkajian terlebih dahulu terkait
business feasibility study atau studi kelayakan usaha pada perencanaan bisnis
sebelum melakukan kegiatan operasi yang ditinjau dari aspek operasional, sumber
daya manusia, aspek pasar dan pemasaran, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial,
dan lingkungan, dan aspek legalitas pada perencanaan bisnis. Dalam penelitian ini,
dilakukan pembuatan studi kelayakan usaha pada perencanaan bisnis advertising
agency atau perusahaan periklanan untuk mengukur risiko, peluang pasar, teknis
operasi, dan kelayakan ide bisnis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif
dengan melakukan pengumpulan data melalui metode kuisioer, studi pustaka, dan
observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan periklanan
dengan menawarkan layanan jasa social media marketing atau pemasaran media
sosial memiliki peluang dan jangkauan pasar yang luas di Kota Semarang.
Perencanaan bisnis perusahaan periklanan ini membutuhkan total pendanaan
proyek sebesar Rp 212.052.290,- yang terdiri dari biaya investasi sebesar Rp
51.482.398,- dan biaya modal kerja sebesar Rp 160.569.892,-. Hasil dari proyeksi
perhitungan terhadap pendanaan proyek menunjukkan hasil Net Present Value
(NPV) sebesar Rp 660.908.116,-, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 67%,
Payback Period (PBP) selama 1 tahun 3 bulan, dan Benefit-Cost Ratio sebesar 1,30.
Dari perhitungan analisis sensitivitas tersebut dan ditinjau dari berbagai aspek dapat
dikatakan bahwa ide rencana bisnis advertising agency dapat dikatakan layak untuk
dijalankan.
Keywords : | business plan, business feasibility study, advertising agency, rencana bisnis, studi kelayakan usaha, perusahaan periklanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Muhamad Rifdi Diyaurrahman |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 08:48 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 08:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9396 |