ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP OBAT-OBATAN HALAL DALAM KAITANNYA DENGAN IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL

NUGROHO, Salsabila Permatasari Putri and MAS'UD, Fuad,(8 September 2021), ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP OBAT-OBATAN HALAL DALAM KAITANNYA DENGAN IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (115kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya, seorang Muslim wajib hukumnya mengonsumsi sesuatu yang Halal dan menjauhkan diri dari yang Haram, contohnya konsumsi makanan, minuman, obat-obatan, dan sebagainya. Namun, pada praktiknya konsumen Muslim hanya fokus kepada makanan dan minuman Halal, dan melupakan hal-hal yang sama pentingnya yaitu obat-obatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta menguji pengaruh dari variabel pengetahuan Halal, kesadaran Halal, dan sikap, terhadap variabel persepsi masyarakat atas obat-obatan Halal. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner, dibutuhkan sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria responden sebagai berikut; responden beragama Islam dan melakukan pembelian obat-obatan baik bebas maupun dengan resep dokter dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan Halal dan sikap berpengaruh positif terhadap persepsi konsumen atas obat-obatan Halal, sedangkan variabel kesadaran Halal dinyatakan tidak berpengaruh terhadap persepsi konsumen atas obat-obatan Halal.
Keywords : Halal Knowledge, Halal Awareness, Attitude, Consumer's Perception, Halal Medicines, Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal, Sikap, Persepsi Konsumen, Obat-obatan Halal
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Salsabila Permatasari Putri Nugroho
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:34
Last Modified: 27 Oct 2021 07:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9470

Actions (login required)

View Item
View Item