ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA UNDARIS UNGARAN)

PRASETYANINGRUM, Indah Dwi and MUDIANTONO, Mudiantono and SUGIARTO, PH,SU.,(5 April 2008), ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA UNDARIS UNGARAN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki era kompetisi dalam pasar global dan pembangunan nasional seutuhnya, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi untuk segera menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi. Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada masyarakat pengguna jasanya, yang pada gilirannya justru akan mampu mendorong kemajuan Perguruan Tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan variabel kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Undaris Ungaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 170 responden. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Undaris Ungaran mulai tahun akademik 2004 / 2005 sampai dengan tahun akademik 2008 / 2009, yaitu sebanyak 1144 mahasiswa. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 150 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.0 dengan maximum likelihood estimation. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui variabel kepuasan mahasiswa. Loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai CR = 2,933 yang membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa antara variabel pembelajaran terhadap variabel kepuasan mahasiswa terdapat pengaruh positif. Hasil penelitian ini juga membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai CR = 4,492. Sedangkan nilai CR = 5,432 menunjukkan pengaruh positif antara variabel kepuasan mahasiswa terhadap variabel loyalitas mahasiswa
Keywords : Learning, Service Quality, Student Satisfaction, Student Loyalty, Pembelajaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 05 Nov 2021 05:37
Last Modified: 05 Nov 2021 05:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item
View Item