PRASETYANINGRUM, Indah Dwi and MUDIANTONO, Mudiantono and SUGIARTO, PH,SU.,(5 April 2008), ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA UNDARIS UNGARAN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Memasuki era kompetisi dalam pasar global dan pembangunan nasional
seutuhnya, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi
merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong
pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi untuk segera
menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi. Perguruan
Tinggi sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat
memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada
masyarakat pengguna jasanya, yang pada gilirannya justru akan mampu
mendorong kemajuan Perguruan Tinggi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas
pembelajaran dan variabel kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan
kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Undaris Ungaran. Penelitian ini
dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner
kepada 170 responden. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Undaris Ungaran mulai tahun akademik 2004 / 2005 sampai dengan
tahun akademik 2008 / 2009, yaitu sebanyak 1144 mahasiswa. Sampel yang
diambil ditetapkan sejumlah 150 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation
Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.0 dengan maximum likelihood
estimation.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa loyalitas mahasiswa
dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui variabel kepuasan mahasiswa.
Loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui
variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai CR = 2,933 yang
membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa antara variabel pembelajaran
terhadap variabel kepuasan mahasiswa terdapat pengaruh positif. Hasil penelitian
ini juga membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh
positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan mahasiswa.
Hal ini ditunjukkan dengan nilai CR = 4,492. Sedangkan nilai CR = 5,432
menunjukkan pengaruh positif antara variabel kepuasan mahasiswa terhadap
variabel loyalitas mahasiswa
Keywords : | Learning, Service Quality, Student Satisfaction, Student Loyalty, Pembelajaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 05:37 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 05:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9525 |