ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT OUTLET BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN OUTLET DI PT TIGARAKSA SATRIA Tbk, CABANG JAWA TENGAH

NUGROHO, Adi and MUDIANTONO, Mudiantono and PAMUNGKAS, Oktavianus,(22 June 2010), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT OUTLET BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN OUTLET DI PT TIGARAKSA SATRIA Tbk, CABANG JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan yang terjalin antara pemasok dengan outlet-outletnya sangatlah penting karena berkaitan erat dengan upaya produsen untuk menyalurkan produknya kepada konsumen, hal ini dikarenakan fungsi saluran distribusi adalah menghubungkan produsen dengan konsumen dimana mereka terdiri lembaga yang saling bergantung dan saling berhubungan yang berfungsi membentuk suatu sistem jaringan yang secara bersama-sama berusaha menghasilkan dan mendistribusikan produk kepada konsumen, demikian pula pada PT Tigaraksa Satria cabang Jawa Tengah yang mendistribusikan produknya melalui saluran distribusi, terjadi fluktuasi pencapaian target penjualan pada tahun 2007-2009. sehingga merupakan hal yang perlu diperhatikan secara serius oleh perusahaan. Adanya produk yang sejenis dengan Produgen, adanya perang harga dan adanya perbedaan dukungan pemasok dari produk sejenis, yang menjadi dugaan penyebab fluktuasi penjualan produgen di PT Tigaraksa Satria, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya hubungan yang baik antara pemasok dengan outlet-outletnya, karena outlet sebagai perantara atau penyalur ke konsumen akhir Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat outlet berhubungan dengan pemasok upaya peningkatan kinerja pemasaran outlet. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah berdasarkan hasil penelitian terdahulu Morgan dan Hunt (1994), Mohr dan Nevin (1990), Boyle dan Dwyer (1995), Joni dan Sutopo (2004), Puspita (2008) dan Ferdinand (2002). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu ditemukan pada data yang memberikan secara keseluruhan performasi realisasi dan target penjualan PT Tigaraksa Satria cabang Jawa Tengah. Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat outlet berhubungan dengan pemasok yang nantinya mempengaruhi kinerja pemasaran outlet. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari outlet-outlet PT Tigaraksa Satria cabang Jawa Tengah Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, Goodness of Fit – Full Model yaitu chi square = 121,281 ; probability = 0,073 ; GFI = 0,875 ; AGFI = 0,830 ; TLI = 0,965 ; CFI = 0,971; CMIN/DF = 1,213 ; RMSEA = 0,046. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan pemasok dan fleksibilitas birokrasi perusahaan maka semakin tinggi minat outlet berhubungan dengan pemasok. Selanjutnya, minat outlet untuk berhubungan dengan pemasok yang semakin tinggi akan meningkatkan kinerja pemasaran outlet.
Keywords : Keyword: support rate of supplier, flexibility of bureucracy of a company, interest of outlet to create a relationship with their supplier, marketing performance of outlets, Kata kunci : Tingkat Dukungan Pemasok, Fleksibilitas Birokrasi Perusahaan, Minat Outlet Berhubungan Dengan Pemasok dan Kinerja Pemasaran Outlet
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:04
Last Modified: 17 Nov 2021 05:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item
View Item