NUGROHO, Adi and MUDIANTONO, Mudiantono and PAMUNGKAS, Oktavianus,(22 June 2010), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT OUTLET BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN OUTLET DI PT TIGARAKSA SATRIA Tbk, CABANG JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (23kB)
Download (23kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (22kB)
Download (22kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (91kB)
Download (91kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Hubungan yang terjalin antara pemasok dengan outlet-outletnya sangatlah
penting karena berkaitan erat dengan upaya produsen untuk menyalurkan
produknya kepada konsumen, hal ini dikarenakan fungsi saluran distribusi adalah
menghubungkan produsen dengan konsumen dimana mereka terdiri lembaga yang
saling bergantung dan saling berhubungan yang berfungsi membentuk suatu
sistem jaringan yang secara bersama-sama berusaha menghasilkan dan
mendistribusikan produk kepada konsumen, demikian pula pada PT Tigaraksa
Satria cabang Jawa Tengah yang mendistribusikan produknya melalui saluran
distribusi, terjadi fluktuasi pencapaian target penjualan pada tahun 2007-2009.
sehingga merupakan hal yang perlu diperhatikan secara serius oleh perusahaan.
Adanya produk yang sejenis dengan Produgen, adanya perang harga dan adanya
perbedaan dukungan pemasok dari produk sejenis, yang menjadi dugaan
penyebab fluktuasi penjualan produgen di PT Tigaraksa Satria, untuk mengatasi
hal tersebut maka perlu adanya hubungan yang baik antara pemasok dengan
outlet-outletnya, karena outlet sebagai perantara atau penyalur ke konsumen akhir
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat outlet
berhubungan dengan pemasok upaya peningkatan kinerja pemasaran outlet.
Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah berdasarkan
hasil penelitian terdahulu Morgan dan Hunt (1994), Mohr dan Nevin (1990),
Boyle dan Dwyer (1995), Joni dan Sutopo (2004), Puspita (2008) dan Ferdinand
(2002). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu ditemukan
pada data yang memberikan secara keseluruhan performasi realisasi dan target
penjualan PT Tigaraksa Satria cabang Jawa Tengah.
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat outlet berhubungan
dengan pemasok yang nantinya mempengaruhi kinerja pemasaran outlet. Dalam
penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga
hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM)
dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam
penelitian ini diambil dari outlet-outlet PT Tigaraksa Satria cabang Jawa Tengah
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi
kriteria goodness of fit sebagai berikut, Goodness of Fit – Full Model yaitu chi
square = 121,281 ; probability = 0,073 ; GFI = 0,875 ; AGFI = 0,830 ; TLI =
0,965 ; CFI = 0,971; CMIN/DF = 1,213 ; RMSEA = 0,046. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan pemasok dan fleksibilitas
birokrasi perusahaan maka semakin tinggi minat outlet berhubungan dengan
pemasok. Selanjutnya, minat outlet untuk berhubungan dengan pemasok yang
semakin tinggi akan meningkatkan kinerja pemasaran outlet.
Keywords : | Keyword: support rate of supplier, flexibility of bureucracy of a company, interest of outlet to create a relationship with their supplier, marketing performance of outlets, Kata kunci : Tingkat Dukungan Pemasok, Fleksibilitas Birokrasi Perusahaan, Minat Outlet Berhubungan Dengan Pemasok dan Kinerja Pemasaran Outlet |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 05:04 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 05:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9589 |