ROKHMAN, Fandie and FERDINAND, Augusty Tae and SUGIONO, Sugiono,(15 February 2010), STUDI TENTANG PENGARUH IKLAN MENGUNDANG TANYA TERHADAP LOYALITAS MEREK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (323kB)
Download (323kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (318kB)
Download (318kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (502kB)
Download (502kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (399kB)
Download (399kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (535kB)
Download (535kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan dalam perusahaan rokok mengalami perkembangan yang pesat
karena makin banyaknya perusahaan rokok mengeluarkan varian baru. Hal ini
menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dengan semakin banyaknya pilihan
rokok di pasaran, perusahaan rokok pun semakin gencar untuk mempromosikan
rokoknya melalui iklan, salah satunya melalui iklan media televisi, namun yang
menjadi masalah adalah jika melalui media televisi tidak boleh memperagakan
wujud dan penggunaan rokok (UU RI No. 32 Tahun 2002 Tentang pers, pasal 13),
sehingga iklan yang disajikan mengundang tanya bagi audiens.
Penelitian ini meneliti proses dari iklan mengundang tanya dalam upaya
untuk meningkatkan loyalitas merek. Permasalahan riset bersumber pada research
gap. Berdasarkan latar belakang penelitian terdahulu, bahwa penggunaan
periklanan sebuah merek berpengaruh terhadap loyalitas merek (Yoo, et al, 2000).
Penelitian tersebut tidak sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Romi S dan
Adi Z (2007) yang menyatakan bahwa penggunaan periklanan tidak berpengaruh
terhadap loyalitas merek.
Dari permasalahan di atas yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan loyalitas merek melalui iklan
mengundang tanya. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis
dengan mengajukan lima hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan
Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16.
Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang melihat iklan
Sampoerna Hijau versi “tahan lama seperti pertemanan” dan juga merokok
Sampoerna Hijau yang berada di kota Semarang yang berjumlah 147 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh dengan indeks
modifikasi sebagian besar telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut,
nilai chi-square = 76,691; probability = 1,000; GFI = 0,946; AGFI = 0,924; TLI =
1,032; CFI = 1,000; CMIN/DF = 0,629; RMSEA = 0,000. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini
menunjukkan proses untuk meningkatkan loyalitas merek melalui iklan
mengundang tanya yaitu melalui kesadaran merek, preferensi attitude berdasarkan
iklan dan preferensi berdasarkan atribut merek
Keywords : | Keywords: Ad invite questions, brand awareness, attitude preference based advertising, preferences based on brand attributes, brand loyalty, Kata kunci : Iklan mengundang tanya, preferensi attitude iklan, kesadaran merek, preferensi atribut merek dan loyalitas merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 07:50 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 07:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9628 |