PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

RIDHASYAH, Rizki and FAISAL, Faisal,(9 July 2019), PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (841kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (262kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi sejauh mana kemampuan koneksi politik dalam mempengaruhi nilai perusahaan sekaligus memperhitungkan peran pengungkapan CSR sebagai variabel mediasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 dan 2017. Analisis ini juga didukung oleh beberapa variabel kontrol diantaranya profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan leverage. Purposive sampling merupakan metode pemilihan sampel yang dipakai dalam penelitian ini hingga mendapatkan hasil sampel sebanyak 444 perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang selanjutnya dipilah menjadi 9 sektor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Analisis jalur digunakan untuk mengetahui efek mediasi dari pengungkapan CSR. Koneksi politik diukur dengan menggunakan skala kategorial (dummy), nilai perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natura market value, dan pengungkapan CSR diukur menggunakan konten Indeks GRI 4. Berdasarkan hasil uji regresi yang telah dilakukan, koneksi politik memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengaruh positif dan signifikan koneksi politik terhadap pengungkapan CSR juga mampu dibuktikan secara empiris melalui hasil pengujian regresi. Hadirnya empat variabel kontrol yang diuji juga memberi pengaruh signifikan pada kenaikan tingkat koefisien determinasi. Penelitian ini juga memberi informasi bahwa pengungkapan CSR mampu memediasi pengaruh koneksi politik terhadap nilai perusahaan dengan baik pada keseluruhan sampel yang diteliti.
Keywords : Political connections, corporate value, CSR disclosure, profitability, company size, sales growth, and leverage., Koneksi politik, nilai perusahaan, pengungkapan CSR, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan leverage.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:32
Last Modified: 10 Jan 2022 07:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item
View Item