ANALISIS PENGARUH FUN AT WORK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENZHIP BEHAVIOR (OCB) MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada AIESEC UNDIP)

ARITONANG, Sarah Indryani and YUNIAWAN, Ahyar,(November 2019), ANALISIS PENGARUH FUN AT WORK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENZHIP BEHAVIOR (OCB) MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada AIESEC UNDIP). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (160kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi saat ini sangat memprioritaskan efektivitas kerja untuk mempertahankan dan mengembangkan organisasinya. Namun hal penting yang terkadang diabaikan oleh organisasi adalah bagaimana mengelola perilaku organisasi sebagai modal penting untuk meningkatkan efektivitas kerja. Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan salah satu kajian yang dapat diterapkan dalam organisasi untuk mengelola perilaku organisasi. OCB dapat meningkatkan efektivitas organisasi karena OCB dapat mempengarui kepuasan kerja, produktivitas organisasi, kualitas komunikasi, sikap anggota organisasi, dan menghindari konflik di lingkungan kerja. OCB dapat ditingkatkan dengan meningkatkan nilai fun at work, kecerdasan emosional, dan keterikatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fun at work dan kecerdasan emosional terhadap OCB melalui keterikatan kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah member AIESEC UNDIP dari 3 periode kepengurusan. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 115 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya pegaruh positif antara fun at work dengan OCB, dan keterikatan kerja dengan OCB. Penelitian ini juga menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan OCB, kecerdasan emosional dengan keterikatan kerja dan fun at work dengan keterikatan kerja.
Keywords : Organizational Citizenship Behavior (OCB), Fun at Work, Emotional Intelligence, Work engagement, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Fun at Work, Kecerdasan emosional, Keterikatan Kerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:10
Last Modified: 24 Jan 2022 04:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item
View Item