MAMDUHAN, Rifki Lutfi and INDRIANI, Farida,(December 2019), ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STANDARDISASI DAN KUSTOMISASI TERHADAP KUALITAS FUNGSIONAL, KUALITAS TEKNIS, KEPUASAN PELANGAN, DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Percetakan Indoprinting Tembalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (211kB)
Download (211kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi
standardisasi dan kustomisasi terhadap kualitas fungsional, kualitas teknis,
kepuasan pelangan, dan loyalitas pelanggan. Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah standardisasi dan kustomisasi sebagai variabel independen,
kemudian kualitas fungsional, kualitas teknis, kepuasan pelanggan, dan loyalitas
pelanggan sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 142
responden yaitu para pelanggan percetakan Indoprinting Tembalang.
Metode yang digunakan adalah non-probability purposive sampling
dengan menyebarkan kuesioner online kepada para responden yang ditujukan
secara khusus kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian produk
Indoprinting Tembalang minimal dua kali. Dalam penelitian ini dikembangkan
suatu model teoritis dengan mengajukan tujuh hipotesis yang akan diuji
menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang
dioperasikan melalui program AMOS 24.0 Berdasarkan hasil dari pengolahan
data SEM untuk model yang telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai
berikut, nilai chi-square = 304,907; probability = 0,055; CMIN/DF = 1,142; CFI
= 0,981; RMSEA = 0,032; TLI = 0,978; dengan dua kriteria marginal yaitu GFI =
0,862 dan AGFI = 0,832. Dengan hasil yang demikian dapat dikatakan bahwa
model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
kustomisasi memiliki pengaruh yang lebih besar pada kualitas layanan bila
dibandingkan dengan standardisasi; (2) kualitas teknis memiliki pengaruh yang
lebih besar pada kepuasan pelanggan jika dibandingkan dengan kualitas
fungsional; dan (3) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan.
Keywords : | standardization, customization, functional quality, technical quality, customer satisfaction, and customer loyalty, standardisasi, kustomisasi, kualitas fungsional, kualitas teknis, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 08:11 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 08:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10191 |