PENGARUH BERKEMBANGNYA PERUSAHAAN FINTECH TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN INDONESIA

NISA'HASUNA, Mir'atun and REJEKININGSIH, Tri Wahyu,(10 February 2022), PENGARUH BERKEMBANGNYA PERUSAHAAN FINTECH TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pergeseran preferensi konsumen dari konvensional menuju digital telah mendorong munculnya inovasi teknologi di bidang keuangan yakni financial technology (fintech). Semakin berkembangnya perusahaan fintech diduga dapat berpengaruh terhadap lembaga keuangan yang telah ada khususnya perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berkembangnya perusahaan fintech terhadap profitabilitas perbankan. Variabel independen yang digunakan adalah jumlah perusahaan fintech untuk semua kategori (FA), jumlah transaksi pinjaman fintech lending (FP) dan jumlah transaksi pembayaran fintceh payment (FP). Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah ROA sebagai proksi profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data time series triwulan dari tahun 2013 sampai 2020. Metode analisis yang digunakan adalah VECM (Vector Error Correction Model). Hasil penelitian menunjukkan variabel FA berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap ROA. Hal ini karena variabel FA hanya menunjukkan jumlah entitas yang ada dan tidak menjelaskan kondisi fintech secara keseluruhan. Selain itu, sektor perbankan mampu mengadaptasi teknologi baru dan cenderung terus bekerja sama dengan perusahaan fintech dibandingkan bersaing. Sedangkan variabel FL dan FA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Kehadiran fintech lending dinilai sebagai pinjaman alternatif bagi masyarakat yang tidak dapat meminjam di bank sehingga keberadaanya dapat menggangu pangsa pasar kredit perbankan dan berdampak pada profitabilitas (ROA). Sementara itu, kemunculan fintech payment akan menggangu dan menurunkan pangsa pasar uang elektronik yang dimiliki perbankan sehingga berdampak pada turunnya ROA perbankan.
Keywords : Financial Technology, Fintech Peer-to-peer Lending, Fintech Payment, Profitability, Banking., Financial Technology, Fintech Peer-to-peer Lending, Fintech Payment, Profitabilitas, Perbankan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: MS MIR'ATUN NISA'HASUNA
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:49
Last Modified: 18 Feb 2022 03:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item
View Item