IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA MINAT WIRAUSAHA (STUDI KASUS KNPI KOTA SEMARANG)

ARIFIN, Ahmad Zaenal and ISKANDAR, Deden Dinar,(2019), IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA MINAT WIRAUSAHA (STUDI KASUS KNPI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (194kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (162kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara bagi bangsa Indonesia. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kewirausahaan akan mendorong wirausaha baru yang tumbuh sesuai dengan budaya yang berkembang di Indonesia sebagai ekonomi kerakyatan yang berciri khas Indonesia. Keberadaan kewirausahaan Pancasila dalam bentuk ekonomi kerakyatan dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan baru sehingga dapat menjadi solusi dalam mengurangi pengangguran. Wirausahawan dapat dibentuk dan dilatih, sehingga yang terpenting adalah adanya minat wirausaha atau entrepreneurial intention. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengetahui faktor-faktor penentu entrepreneurial intention. Salah satu pendekatan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha ialah melalui Theory of Planned Behavior (TPB). Terdapat tiga komponen utama dalam TPB yakni attitude, social norm dan perceived behavioral control. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh perceived implementation of Pancasila terhadap attitude; menganalisis pengaruh perceived implementation of Pancasila terhadap perceived behavioral control; menganalisis pengaruh perceived implementation of Pancasila terhadap social norm; menganalisis pengaruh attitude terhadap entrepreneurial intention; menganalisis pengaruh perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention; menganalisis pengaruh social norm terhadap entrepreneurial intention; menganalisis pengaruh acces terhadap entrepreneurial intention; menganalisis pengaruh acces terhadap entrepreneurial action; menganalisis pengaruh entrepreneurial intention terhadap entrepreneurial action. Penggunaan alat analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan 91 sampel dalam penelitian ini, menghasilkan temuan sebagaimana berikut: perceived implementation of Pancasila berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude; perceived implementation of Pancasila berpengaruh positif dan signifikan terhadap social norm; perceived implementation of berpengaruh positif dan signifikan terhadap preceived behavioral control; attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention; social norm memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap entrepreneurial intention; perceived behavioral control memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap entrepreneurial intention; acces memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap entrepreneurial intention; acces berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial action; serta entrepreneurial intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial action.
Keywords : Pancasila, Pancasila Entrepreneurship, Theory Planned Behavior, Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS), Pancasila, Kewirausahaan Pancasila, Theory Planned Behavior, Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:28
Last Modified: 23 Feb 2022 02:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item
View Item