STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK

PUJADI, Bambang and SUGIONO, Sugiono and PAMUNGKAS, Oktavianus,(9 April 2010), STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (511kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (506kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (507kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (804kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (956kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Persaingan bisnis dalam perkembangan di era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian. Demikian juga untuk pasar pasta gigi. Dalam bisnis ini terdapat banyak pesaing langsung. Oleh karena itu harus disikapi dengan bijak dengan memperhatikan merek dari pasta gigi. Untuk itu penelitian tentang merek pasta gigi layak untuk dilakukan. Merek pasta gigi Ciptadent dipilih karena meskipun tidak terjadi penurunan pada TOM Ad tetapi terjadi penurunan pada TOM Brand dan Brand Share. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek sebagai upaya mempengaruhi sikap terhadap merek untuk peningkatan minat beli. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Knight and Kim (2007), dengan Sutantio (2004) dan Aaker (1991). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu ditemukan pada kinerja produk personal tahun 2008-2009 (Swa, Agustus 2009). Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek yang nantinya mempengaruhi sikap terhadap merek dan akhirnya pada terbentuknya minat beli. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden yang berrminat beli pasta gigi ciptadent berjumlah 102 responden. Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 121,214; probability = 0,260; GFI = 0,889; AGFI = 0,849; TLI = 0,988; CFI = 0,990; CMIN/DF = 1,082; RMSEA = 0,029. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dapat ditingkatkan dengan meningkatkan persepsi kualitas dan kualitas pesan iklan. Selanjutnya, citra merek yang semakin tinggi akan mempengaruhi sikap terhadap merek dan selanjutnya meningkatkan minat bel
Keywords : Keywords: perception of quality, the quality of advertising messages, brand image, attitude toward the brand, and interest in purchasing, Kata kunci : persepsi kualitas, kualitas pesan iklan, citra merek, sikap terhadap merek, dan minat beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:32
Last Modified: 22 Mar 2022 03:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item
View Item