PUJADI, Bambang and SUGIONO, Sugiono and PAMUNGKAS, Oktavianus,(9 April 2010), STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (511kB)
Download (511kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (506kB)
Download (506kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (507kB)
Download (507kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (804kB)
Download (804kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (956kB)
Download (956kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam
segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Persaingan bisnis dalam
perkembangan di era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan
bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang
bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian. Demikian juga untuk
pasar pasta gigi. Dalam bisnis ini terdapat banyak pesaing langsung. Oleh karena itu
harus disikapi dengan bijak dengan memperhatikan merek dari pasta gigi. Untuk itu
penelitian tentang merek pasta gigi layak untuk dilakukan. Merek pasta gigi
Ciptadent dipilih karena meskipun tidak terjadi penurunan pada TOM Ad tetapi
terjadi penurunan pada TOM Brand dan Brand Share.
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek
sebagai upaya mempengaruhi sikap terhadap merek untuk peningkatan minat beli.
Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap
dari Knight and Kim (2007), dengan Sutantio (2004) dan Aaker (1991).
Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu ditemukan pada kinerja
produk personal tahun 2008-2009 (Swa, Agustus 2009).
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek yang nantinya
mempengaruhi sikap terhadap merek dan akhirnya pada terbentuknya minat beli.
Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam
hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM)
dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam
penelitian ini diambil dari responden yang berrminat beli pasta gigi ciptadent
berjumlah 102 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria
goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 121,214; probability = 0,260; GFI
= 0,889; AGFI = 0,849; TLI = 0,988; CFI = 0,990; CMIN/DF = 1,082; RMSEA =
0,029. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dapat ditingkatkan dengan
meningkatkan persepsi kualitas dan kualitas pesan iklan. Selanjutnya, citra merek
yang semakin tinggi akan mempengaruhi sikap terhadap merek dan selanjutnya
meningkatkan minat bel
Keywords : | Keywords: perception of quality, the quality of advertising messages, brand image, attitude toward the brand, and interest in purchasing, Kata kunci : persepsi kualitas, kualitas pesan iklan, citra merek, sikap terhadap merek, dan minat beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:32 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10388 |