SAPUTRI, Martia Dayu and SUGIARTO, PH,SU.,(8 January 2016), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Catering di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar,
orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing untuk dapat meningkatkan
kinerja bisnis. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha catering di
Kota Semarang. Model dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil pengolahan data full model menunjukkan bahwa nilai Chi-Square
sebesar 117,655; CMIN/DF sebesar 1,201; Degree of Freedom sebesar 98;
Probability sebesar 0,086; GFI sebesar 0,898; AGFI sebesar 0,858; CFI sebesar
0,988; TLI sebesar 0,985; dan RMSEA sebesar 0,040. Hal ini berarti bahwa
model tersebut telah memenuhi kriteria Goodness of Fit. Hasil dari analisis
menunjukkan bahwa hanya empat dari lima hipotesis yang diterima. Orientasi
kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan
bersaing dan kinerja bisnis. Begitu juga dengan keunggulan bersaing yang
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Orientasi pasar
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, namun
tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam meningkatkan kinerja
bisnisnya, pelaku usaha catering hendaknya tidak hanya memperhatikan orientasi
kewirausahaan dan keunggulan bersaing saja. Apabila pelaku usaha mampu untuk
memenuhi setiap permintaan pelanggan, selalu berusaha meningkatkan
kemampuannya agar dapat beradaptasi dengan pesaing, serta melakukan
koordinasi dalam tugasnya maka dapat meningkatkan kinerja bisnisnya
Keywords : | Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage and Business Performance, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 07:15 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:15 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10523 |