ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Catering di Kota Semarang)

SAPUTRI, Martia Dayu and SUGIARTO, PH,SU.,(8 January 2016), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Catering di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar  Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha catering di Kota Semarang. Model dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengolahan data full model menunjukkan bahwa nilai Chi-Square sebesar 117,655; CMIN/DF sebesar 1,201; Degree of Freedom sebesar 98; Probability sebesar 0,086; GFI sebesar 0,898; AGFI sebesar 0,858; CFI sebesar 0,988; TLI sebesar 0,985; dan RMSEA sebesar 0,040. Hal ini berarti bahwa model tersebut telah memenuhi kriteria Goodness of Fit. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa hanya empat dari lima hipotesis yang diterima. Orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Begitu juga dengan keunggulan bersaing yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam meningkatkan kinerja bisnisnya, pelaku usaha catering hendaknya tidak hanya memperhatikan orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing saja. Apabila pelaku usaha mampu untuk memenuhi setiap permintaan pelanggan, selalu berusaha meningkatkan kemampuannya agar dapat beradaptasi dengan pesaing, serta melakukan koordinasi dalam tugasnya maka dapat meningkatkan kinerja bisnisnya
Keywords : Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage and Business Performance, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:15
Last Modified: 07 Apr 2022 07:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item
View Item