ARDIANSYAH, Yos and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and SUGIONO, Sugiono,(27 September 2010), ANALISIS IMPLEMENTASI BCM (BUSINESS CONTINUITY MANAGEMENT) PADA JARINGAN STARONE UNTUK KEBERLANGSUNGAN PERUSAHAAN PT. STARONE MITRA TELEKOMUNIKASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (48kB)
Download (48kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (22kB)
Download (22kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Peristiwa-peristiwa besar telah telah terjadi sebagai awal lahirnya konsep
Manajemen Kelangsungan Usaha atau Business Continuity Management (BCM) yang
erat kaitannya dengan timbulnya masalah-masalah dalam bidang Teknologi Informasi
(IT). Masih ingat ketika akhir tahun 90-an, dunia disibukkan oleh masalah Y2K yang
mengancam kelangsungan hidup jaringan komputer di seluruh dunia. Saat itu, komputer
tidak dapat digunakan untuk memasuki tahun 2000, karena standar yang digunakan hanya
bisa sampai 99. Dengan demikian, bila memasuki tahun 2000, maka komputer akan
mencatat tanggal 1 Januari 2000 sebagai tahun tanggal 1 Januari 1900. Masalah Y2K ini
menyebabkan pemerintah Amerikan saat itu mengeluarkan Civil Contigenty Plan 1998,
yang memberikan paduan bagi semua pelaku bisnis, terutama yang berbasis IT untuk
mengantisipasi dan memecahkan masalah Y2K. Dan kejadian-kejadian besar lainnya juga
telah terjadi seperti bom teroris di kota-kota besar. Kejadian demi kejadian yang
mengejutkan, menyebabkan banyak pemerintah negara mengeluarkan aturan yang
mewajibkan setiap perusahaan di negaranya mempunyai BCM yang terintegrai dalam
Rencana Strategi dan Operasional perusahaan, sebagai bagian dalam Laporan Tahunan
Peusahaan.
Penelitian ini menganalisis implementasi BCM pada jaringan StarOne di
perusahaan telekomunikasi PT. StarOne Mitra Telekomunikasi. Sebagai sebuah
perusahaan jasa telekomunikasi PT. SMT dimana jaringan (network) merupakan sebuah
element yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Jaringan yang dimiliki
PT. SMT telah memakai jaringan soft switch, dimana jaringan jaringan soft switch ini
sangat berhubungan dengan teknologi informasi sehingga penerapan BCM sudah
merupakan suatu keharusan bagi perusahaan yang dalam usahanya banyak berhubungan
dengan teknologi informasi, yang mana saat ini di PT. SMT belum adanya prosedur baku
dan ter-up date dalam setiap sistem operasional
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk
menganalisis implementasi BCM pada jaringan starOne yang nantinya mempengaruhi
dalam keberlangsungan peusahaan yang di jalankan. Dalam penelitian ini dikembangkan
suatu model teoritis dengan mengajukan enpat hipotesis yang akan diuji dengan
menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS
16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari karyawan PT. SMT dari
segala divisi untuk melihat respon yang diberikan, data yang dipakai sebagai sampel
berjumlah 120 responden
Keywords : | Keywords: SLA, BCP, DRP, BCM and Business Continuity, Kata kunci : SLA, BCP, DRP, BCM dan Kelangsungan Usaha |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:31 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:31 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10532 |