LAKSONO,, Adhi and SOESANTO, Harry and SUTOPO, Sutopo,(2017), PENGARUH PROGRAM PROMOSI PEMERINTAH, KAPABILITAS PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR EKSPOR TERHADAP KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Dafatar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perekonomian Jawa Tengah dapat diukur dari berbagai faktor, dimana
salah satu tolak ukurnya adalah kinerja ekspor Jawa Tengah. Berdasarkan data
ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, salah satu
komoditas ekspor non migas terbesar Jawa Tengah merupakan furniture. Dalam
upaya pemerintah untuk selalu meningkatkan kinerja ekspor perusahaan furniture
di Jawa Tengah perlu dikaji mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
kinerja ekspor perusahaan furniture tersebut.
Model penelitian yang disajikan dalam tesis ini terdiri dari empat
variabel yang meliputi program promosi pemerintah, kapabilitas pemasaran,
orientasi pasar ekspor dan kinerja ekspor perusahaan. Data-data yang diperlukan
dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan
kuesioner kepada 170 pengusaha furniture. Pengujian model penelitian dengan
data empiris dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM).
Hasil analisis data menunjukkan dari lima hipotesis yang
dikembangkan dalam penelitian ini, terdapat empat hipotesis yang dapat diterima
sedangkan satu hipotesis ditolak. Dari pengujian hipotesis tersebut diketahui
kinerja ekspor perusahaan dipengaruhi oleh kapabilitas pemasaran dan orientasi
pasar ekspor, namun program promosi pemerintah tidak berpengaruh terhadap
kinerja ekspor perusahaan melainkan berpengaruh terhadap kapabilitas
pemasaran.
Keywords : | Keywords : Government promotional programs, marketing capability, export market orientation, export performance of companies, Kata Kunci : program promosi pemerintah, kapabilitas pemasaran, orientasi pasar ekspor, kinerja ekspor perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:23 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10581 |