PENGARUH PROGRAM PROMOSI PEMERINTAH, KAPABILITAS PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR EKSPOR TERHADAP KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN

LAKSONO,, Adhi and SOESANTO, Harry and SUTOPO, Sutopo,(2017), PENGARUH PROGRAM PROMOSI PEMERINTAH, KAPABILITAS PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR EKSPOR TERHADAP KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Dafatar Pustaka] Text (Dafatar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian Jawa Tengah dapat diukur dari berbagai faktor, dimana salah satu tolak ukurnya adalah kinerja ekspor Jawa Tengah. Berdasarkan data ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, salah satu komoditas ekspor non migas terbesar Jawa Tengah merupakan furniture. Dalam upaya pemerintah untuk selalu meningkatkan kinerja ekspor perusahaan furniture di Jawa Tengah perlu dikaji mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja ekspor perusahaan furniture tersebut. Model penelitian yang disajikan dalam tesis ini terdiri dari empat variabel yang meliputi program promosi pemerintah, kapabilitas pemasaran, orientasi pasar ekspor dan kinerja ekspor perusahaan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 170 pengusaha furniture. Pengujian model penelitian dengan data empiris dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis data menunjukkan dari lima hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini, terdapat empat hipotesis yang dapat diterima sedangkan satu hipotesis ditolak. Dari pengujian hipotesis tersebut diketahui kinerja ekspor perusahaan dipengaruhi oleh kapabilitas pemasaran dan orientasi pasar ekspor, namun program promosi pemerintah tidak berpengaruh terhadap kinerja ekspor perusahaan melainkan berpengaruh terhadap kapabilitas pemasaran.
Keywords : Keywords : Government promotional programs, marketing capability, export market orientation, export performance of companies, Kata Kunci : program promosi pemerintah, kapabilitas pemasaran, orientasi pasar ekspor, kinerja ekspor perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:23
Last Modified: 14 Apr 2022 03:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item
View Item