ARIFIN, Untung and YOESTINI, Yoestini,(June 2007), ANALYSIS OF FACTORS INFLUENCING SALESPERSON SATISFACTION AS EFFORT TO INCREASE PERFORMANCE OF SALESPERSON(A Case Study on Sales Executive of PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (165kB)
Download (165kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (211kB)
Download (211kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (159kB)
Download (159kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (228kB)
Download (228kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (272kB)
Download (272kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menganalisis analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan tenaga penjual sebagai upaya peningkatan kinerja tenaga penjual.
Perumusan masalah penelitian berangkat dari dua sumber, masalah penelitian
pertama berangkat dari kesenjangan studi kinerja tenaga penjual yang lahir dari
kritikan Keillor et.al.,1999; Boorom et.al., 1998). Oleh karena itu, temuan-temuan ke
depan merupakan hal yang penting untuk dicarikan sebuah kejelasan dan pemahaman
yang benar atas konstruk kinerja tenaga penjual. Kedua Company problems
diidentifikasi pada Sales Executive PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Di Kota
Semarang, dimana berdasarkan data pencapaian target Sales Executive PT Bank
Mandiri (Persero) Tbk Di Kota Semarang dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2005
belum pernah tercapai targetnya. Oleh karenanya permasalahan penelitian ini adalah
sebagai berikut : faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan tenaga penjual
sebagai upaya meningkatkan kinerja tenaga penjual. Selanjutnya variabel dan
indikator penelitian juga didasarkan pada penelitian terdahulu. Sebuah model telah
dikembangkan dan enam hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah
penelitian ini.
Teknik pengambilan sampel mengunakan metode sensus. Responden dari
penelitian ini berjumlah 116 responden, dimana responden adalah 116 Sales
Executive PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Di Kota Semarang. Alat analisa data yang
digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian
dapat diterima dengan baik. Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan
Penelitian ini memperoleh beberapa bukti empiris yang menyatakan bahwa pengaruh
adaptabilitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan tenaga penjual.
Orientasi pelanggan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan tenaga
penjual. Pengawasan supervisor berpengaruh positif secara signifikan terhadap
kepuasan tenaga penjual. Adaptabilitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap
kinerja tenaga penjual. Pengawasan supervisor penjual berpengaruh positif secara
signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Pengawasan supervisor penjual
berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Implikasi
manajerial dan agenda penelitian juga dibahas pada penelitian ini.
Keywords : | Adaptability, Customer orientation, Supervisor observation, Salesperson satisfaction, and Performance of salesperson., Adaptabilitas, Orientasi Pelanggan, Pengawasan Supervisor, dan Kepuasan Tenaga Penjual, serta Kinerja Tenaga Penjual |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:04 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 04:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10583 |