PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN VARIABEL LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Polysindo Eka Perkasa)

ARIANI, Mellissa and SUGIARTO, Yohanes and SUGIONO, Sugiono,(27 January 2007), PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN VARIABEL LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Polysindo Eka Perkasa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara total quality management, lingkungan kerja dan kinerja karyawan. Hal tersebut sesuai dengan temuan masalah di lapangan yaitu menurunnya kualitas produk pada PT. Polysindo Eka Perkasa. Indikasi tersebut dapat dilihat dari menurunnya tingkat prosentase produk chips grade A dari departemen polymer. Model penelitian yang dibangun disesuaikan dengan permasalahan serta berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu sehingga hasil penelitian tidak bias. Responden penelitian ini adalah karyawan tetap PT. Polysindo Eka Perkasa yang memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun. Kedua criteria tersebut digunakan sebagai teknik sampling dengan asumsi bahwa karyawan telah mengenal, memahami serta menyesuaikan diri dengan budaya organisasi atau lingkungan kerja. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji model penelitian adalah uji regresi berganda dan uji interaksi. Masing-masing uji tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yaitu uji regresi berganda bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara total quality management dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, sedangkan uji interaksi bertujuan untuk menguji pengaruh variable secara bersamaan terhadap hubungan antara total quality management, lingkungan kerja dengan kinerja karyawan. Hasil pengolahan data memberikan bukti empiris bahwa (1) adanya pengaruh langsung antara total quality management terhadap kinerja karyawan, (2) Total quality management dan lingkungan kerja adalah murne sebagai variable independen dimana keduanya memiliki pengaruh positif dengan kinerja karyawan. Implikasi manajerial dalam penelitian ini disesuaikan dengan temuan penelitian, yaitu perusahaan perlu memonitor pelaksanaan TQM dan memperhatikan lingkungan kerja karena akan berdampak langsung terhadap peningkatan kinerja karyawan. Adapun keterbatasan penelitian ini, sedikitnya variable dapat dijadikan ide bagi penelitian mendatang sehingga akan memberikan kontribusi terhadap penelitian ini.
Keywords : Total quality management, work environment, employee’s performance, multiple regression, and interaction test., Total Quality Management, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, regresi berganda, dan uji interaksi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 19 May 2022 02:36
Last Modified: 19 May 2022 02:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10684

Actions (login required)

View Item
View Item