RESANDI, Muhamad and SUHARNOMO, Suharnomo and RAHARDJO, Mudji,(31 August 2015), ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DAN PERILAKU CARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (270kB)
Download (270kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (218kB)
Download (218kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (459kB)
Download (459kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap kepuasan kerja perawat, (2) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap perilaku caring, (3) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja perawat terhadap kepuasan pasien, (4) untuk mengetahui pengaruh perilaku caring terhadap kepuasan pasien, (5) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap kepuasan pasien.
Penelitian ini bersifat confirmatory. Populasi penelitian berasal dari dua sumber responden yang terdiri dari 96 perawat yang berada pada shift pagi dan pasien sejumlah 240. Sejumlah 60 perawat dengan status pegawai tetap di gunakan sebagai sampel dan pasien sejumlah populasi yaitu 240 dijadikan sampel hal ini dikarenakan satu perawat menangani empat pasien.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari empat variabel yang diberikan kepada responden perawat dan pasien dengan indikator yang sama namun pertanyaan yang berbeda. Teknik analisis menggunakan analisis SEM-PLS dengan software WarpPLS yang diperoleh hasil bahwa pengaruh langsung antara beban kerja perawat terhadap kepuasan pasien masih lebih besar dan signifikan (p<0.01) baik menurut perawat maupun pasien (-0.38 dan -0.19) daripada melalui mediasi baik menggunakan kepuasan kerja perawat ( -0.19 dan -0.18_ maupun perilaku caring (-0.10 dan -0.05). Dengan demikian variabel kepuasan kerja perawat dan perilaku caring memediasi pengaruh berban kerja perawat terhadap kepuasan pasien secara parsial
Keywords : | Workload, Job Satisfaction, Caring Behavior, Patient Satisfaction, Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Perilaku Caring, Kepuasan Pasien |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 24 May 2022 06:55 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10718 |