SADDEWISASI, Wyati and WAHYUDI, Sugeng,(July 2012), STUDI PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PROSOCIAL (OCBP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENJUAL Sebuah Pengembangan Model Teoretik dan Pembuktian Empirik pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (85kB)
Download (85kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (70kB)
Download (70kB)
Text (Abstrak ( Indonesia))
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (66kB)
Download (66kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji peran OCBP dalam meningkatkan kinerja tenaga
penjual. Variabel-variabel yang menjadi anteseden OCBP berupa dukungan organisasional
yang dirasakan, kompetensi sosial dan orientasi pelanggan. Sedangkan variabel yang
dipengaruhi oleh OCBP secara langsung adalah proses penjualan adaptif, pengembangan
super tim, kualitas kerja tim dan kualitas rencana penjualan. Variabel yang dipengaruhi
secara langsung maupun tidak langsung oleh OCBP adalah kinerja tenaga penjual.
Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga penjual asuransi jiwa di Kota Semarang
dengan jumlah 2664 tenaga penjual. Data sampel yang dapat diolah pada penelitian ini
sebanyak 185 tenaga penjual. Responden dalam penelitian ini adalah tenaga penjual
perusahaan asuransi jiwa yang bukan merupakan tenaga kerja tetap. Teknik pengambilan data
dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation
Modeling (SEM).
Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan kinerja tenaga
penjual diperlukan peran OCBP baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Secara
tidak langsung penelitian ini dapat menghasilkan peran mediasi yang paling optimal antara
OCBP dengan kinerja tenaga penjual adalah melalui pengembangan super tim. Hal ini dapat
dilihat dari hasil pengujian hipotesis secara langsung OCBP dengan pengembangan super tim
diterima, pengembangan super tim dengan kinerja tenaga penjual diterima dan OCBP dengan
kinerja diterima. Temuan Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis menjadi bahan bagi
pengembangan teori-teori menejemen, khususnya manajemen sumberdaya manusia.
Disamping itu juga untuk memberikan kontribusi pada manajemen penjualan dalam
penggunaan model-model kuantitatif dan pengujian empirik. Selanjutnya penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi agenda penelitian yang akan datang melalui
bangunan teoretikal yang diajukan, dengan keterbatasan-keterbatasan yang belum dapat diuji
secara empirik.
Keywords : | OCBP, perceived organizational support, social competence, costumer orientation, adaptive selling process, super team building, team work quality, sales plan quality, salesperson performance., OCBP, dukungan organisasional yang dirasakan, kompetensi sosial, orientasi pelanggan, proses penjualan adaptif, pengembangan super tim, kualitas kerja tim, kualitas rencana penjualan, kinerja tenaga penjual |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:29 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:29 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10803 |