ANALISIS PERMINTAAN EKSPOR KOPI DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR OLEH JEPANG

PERSEVERANDA, M.E. and MUDAKIR, Y Bagio and MARIA, Nugroho Sumarjiyanto Benedictus,(21 June 2005), ANALISIS PERMINTAAN EKSPOR KOPI DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR OLEH JEPANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perdagangan yang dilaksanakan antar negara merupakan suatu cara penting untuk meningkatkan taraf hidup dan kemakmuran bagi bangsa-bangsa atau negara yang bersangkutan. Perkembangan ekspor yang fluktuatif mendorong adanya upaya peningkatan ekspor non migas dengan berbagai strategi pengembangan ekspor. Tujuan dari program pengembangan ekspor ini adalah meningkatkan daya saing global serta meningkatkan peranan ekspor dalam memacu pertumbuhan ekonomi.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ekspor kopi Daerah Nusa Tenggara Timur oleh Jepang dalam jangka pendek dan jangka panjang dengan basis data tahun 1974-2003. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAM (Partial Adjustment Models) dan ECM (Error Corection Models). Estimasi dengan ECM (Error Corection Models) menunjukkan bahwa dalam jangka pendek pendapatan perkapita Jepang berpengaruh signifikan sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh secara signifikan. Kurs valuta asing US$ terhadap Rupiah yang dinyatakan dengan (RP/US$) dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan sedangkan dalam jagka panjang berpengaruh signifikan . Harga kopi Robusta dunia, harga kopi Arabika dunia dan konsumsi kopi Jepang tidak berpengaruh secara signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Estimasi dengan PAM (Partial Adjustment Models) menunjukkan bahwa dalam jangka pendek kurs valuta asing US$ terhadap Rupiah yang dinyatakan dengan (RP/US$) berpengaruh signifikan sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh secara signifikan. Harga kopi Robusta dunia dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh signifikan. Harga kopi Arabika dunia, pendapatan perkapita Jepang dan konsumsi kopi Jepang tidak berpengaruh secara signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Keywords : Coffee Export Demand, ECM (Error Correction Model), PAM (Partial Adjustment Model), Permintaan ekspor, ECM (Error Corection Models), PAM (Partial Adjustment Models) .
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:13
Last Modified: 16 Jun 2022 08:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item
View Item