AKBAR, Sastiansyah Rizki and HIDAYATI, Retno,(28 April 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (Studi Pada Pelanggan Gerai Air Isi Ulang Biru Cabang Ki Hajar Dewantoro, Kota Tangerang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (41kB)
Download (41kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (330kB)
Download (330kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman, akan selalu muncul perusahaan-perusahaan baru yang berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin di industrinya masing-masing. Dengan banyaknya perusahaan baru ini, membuat perusahaan semakin bersaing untuk fokus dalam membentuk loyalitas pelanggan. Sebab pelanggan yang loyal akan melakukan pembelian ulang dan cenderung merekomendasikan produk kepada orang lain. Sehingga pelanggan loyal yang dimiliki perusahaan, akan mengarahkan perusahaan kepada keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, pada perusahaan air minum isi ulang Biru, cabang Ki Hajar Dewantoro, Kota Tangerang.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian air minum Biru di cabang Ki Hajar Dewantoro. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini, adalah sebanyak 150 responden. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner, menggunakan teknik non-probability sampling. Data yang telah terkumpul dinalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS 20.0
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa, dari 4 hipotesis yang diajukan, 3 hipotesis terbukti tidak signifikan, dan 1 hipotesis terbukti signifikan. Kepuasan Pelanggan mempunyai pengaruh positif secara tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif secara tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif secara tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Keywords : | Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Sastiansyah Rizki Akbar |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 08:36 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 08:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10897 |