ANALYSIS OF PRIVATE INVESTMENT IN INDONESIA: A NEURAL NETWORK REGRESSION MODEL

IQBAL, Muhammad Imteaz and FIRMANSYAH, Firmansyah,(19 June 2022), ANALYSIS OF PRIVATE INVESTMENT IN INDONESIA: A NEURAL NETWORK REGRESSION MODEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (208kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara yang memiliki perkembangan pesat di bidang ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan investasi swasta di Indonesia saat ini tumbuh secara bertahap dan fluktuatif dari awal tahun 1990 sampai sekarang. Namun, pertumbuhan investasi swasta Indonesia yang bergejolak disebabkan oleh berbagai faktor seperti inflasi, tingkat suku bunga dan PDB menurut teori neoklasik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menganalisis faktor-faktor pertumbuhan investasi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan kepentingan relatif inflasi, PDB dan tingkat suku bunga terhadap investasi swasta di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ordinary Least Square (OLS) dan neural network. Data penelitian ini dikumpulkan dari Bank Dunia dan Badan Pusat Statistik dari tahun 1990 hingga 2020. Menurut OLS pertama, hasilnya menunjukkan bahwa PDB, inflasi dan tingkat suku bunga mempengaruhi investasi swasta di Indonesia. Kedua, hasil neural network menunjukkan bahwa PDB merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi investasi swasta. Selanjutnya diikuti oleh inflasi dan tingkat suku bunga. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong pengutamaan dari perspektif makroekonomi guna menciptakan kebijakan investasi yang efektif di Indonesia.
Keywords : OLS, Neural Network, Private Investment, Neoclassical Theory., OLS, Neural Network, Investasi Swasta, Teori Neoklasik.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Muhammad Imteaz Iqbal
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:10
Last Modified: 27 Jun 2022 03:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item
View Item