ANALISIS PENDAPATAN TERHADAP KONSUMSI : SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUNIA

FAUZI, Yusnan Zulfikar and FIRMANSYAH, Firmansyah,(15 June 2022), ANALISIS PENDAPATAN TERHADAP KONSUMSI : SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUNIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Epidemi penyakit telah menjangkit manusia dan masyarakat sejak dahulu kala, seperti Pes, Kolera, Flu Spanyol, SARS, Flu burung dan juga Flu Babi. Epidemi ini tidak dapat diprediksi munculnya kapan, dan selalu berdampak luas, baik dari sisi kesehatan maupun sisi ekonomi. Epidemi atau wabah penyakit yang berskala global dapat disebut juga dengan pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan terhadap konsumsi dengan menggunakan teori konsumsi hipotesis pendapatan absolut pada saat sebelum pandemi Covid-19 dan selama pandemi Covid-19 di dunia. Studi dilakukan dengan mengelompokkan negara berdasarkan penghasilan dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Dunia. Menggunakan analisis regresi OLS (Ordinary Least Square) dengan data cross sectional tentang GDP per kapita dan pengeluaran konsumsi rumah tangga per kapita, ditemukan beberapa hasil, (1) Pendapatan berpengaruh positif terhadap konsumsi rumah tangga. Hal ini memberikan gambaran bahwa teori absolute income hypothesis berlaku. (2) Meskipun sedang dalam kondisi dalam krisis teori absolute income hypothesis berlaku. (3) Masyarakat baik di negara berpenghasilan rendah dan menengah bawah, menengah atas, dan tinggi secara umum rasional.
Keywords : Income, Consumption, Absolute Income Hypothesis, Covid-19, World Bank Income groups, Pendapatan, Konsumsi, Hipotesis Pendapatan Absolut, Covid-19, Kelompok Negara Berdasarkan Penghasilan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yusnan Zulfikar Fauzi
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:16
Last Modified: 27 Jun 2022 04:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item
View Item