YUDHA, Brahma Manggala and SANTOSA, Suryono Budi,(14 June 2022), ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna E-commerce Bukalapak di Kota Semarang Periode 2019 - 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (92kB)
Download (92kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (99kB)
Download (99kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (151kB)
Download (151kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Internet telah memberikan banyak kemajuan bagi berbagai bidang
kehidupan, termasuk pada bidang bisnis berupa lahirnya e-commerce. Munculnya
berbagai platform e-commerce mendorong berkembangnya gaya hidup masyarakat
dalam hal berbelanja. Aktivitas belanja yang semula konvensional mulai berubah
menjadi serba online. Keberadaan e-commerce yang semakin akrab dengan
masyarakat mendorong ketatnya persaingan bisnis. Bukalapak adalah salah satu ecommerce yang turut meramaikan sengitnya persaingan. Namun, keberadaan
Bukalapak mulai tergeser oleh para pesaingnya. Berbagai fenomena dialami
Bukalapak, mulai dari penurunan jumlah pengunjung hingga diterimanya banyak
keluhan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh
kemudahan penggunaan, persepsi harga, kualitas layanan elektronik, dan persepsi
manfaat terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan. Selain itu, adanya
kontradiksi hasil pada penelitian terdahulu mengenai pengaruh kemudahan
penggunaan, persepsi harga, kualitas layanan elektronik, dan persepsi manfaat
terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan juga menjadi alasan penelitian ini
dilakukan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah non-probability
sampling dengan prosedur puposive sampling. Sebanyak 161 responden diperoleh
melalui pembagian kuesioner online. Responden penelitian merupakan pengguna
Bukalapak yang berdomisili di Kota Semarang, berusia minimal 18 tahun, dan
pernah melakukan pembelian melalui Bukalapak minimal satu kali pada tahun 2019
hingga 2021. Teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation
Modeling (SEM) melalui program Analysis Moment of Structural (AMOS).
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan,
persepsi harga, kualitas layanan elektronik, dan persepsi manfaat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, kepuasan
konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan mampu memediasi hubungan
antara kemudahan penggunaan, persepsi harga, kualitas layanan elektronik, dan
persepsi manfaat terhadap loyalitas konsumen. Maka dari itu, dapat disimpulkan
bahwa seluruh hipotesis penelitian diterima dan diharapkan mampu menjadi acuan
bagi perusahaan Bukalapak guna meningkatkan kepuasan serta loyalitas para
konsumennya.
Keywords : | Ease of Use, Perceived Price, Electronic Service Quality, Perceived Usefulness, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Elektronik, Persepsi Manfaat, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Brahma Manggala Yudha |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 06:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10972 |