ANALISIS PERMINTAAN GULA KRISTAL PUTIH DI INDONESIA

CAHYANINGTYAS, Atri and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius,(24 June 2022), ANALISIS PERMINTAAN GULA KRISTAL PUTIH DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (286kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (308kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh dari harga gula kristal putih, harga gula merah, harga teh, pendapatan, dan efek pendapatan terhadap permintaan gula kristal putih di Indonesia. Produk gula merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena hal tersebut persediaan dan harga gula harus selalu dijaga agar stabil. Menurut data, setiap tahun permintaan GKP terus mengalami peningkatan. Namun, dikarenakan adanya masalah inefisiensi pada industri gula nasional, produksi gula dalam negeri tidak cukup untuk memenuhi permintaannya sehingga terjadi deficit supply. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif analisis regresi linier data panel. Data dalam penelitian merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pertanian, berupa data tahunan dari 34 provinsi di Indonesia periode tahun 2015- 2019.Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode tahun 2015-2019, permintaan dan harga gula kristal putih mempunyai tren negatif. Sedangkan, harga gula merah, harga teh, dan pendapatan mempunyai tren positif. Dengan tingkat signifikansi 0,05, variabel-variabel independen berupa harga GKP, harga teh, dan pendapatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap permintaan GKP, sedangkan variabel independen gula merah tidak berpengaruh signifikan.
Keywords : White Crystal Sugar Demand, White Crystal Sugar Price, Income Effect, Elasticity., Permintaan Gula Kristal Putih, Harga Gula Kristal Putih, Efek Pendapatan, Elastisitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Atri Cahyaningtyas
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:19
Last Modified: 01 Jul 2022 09:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item
View Item