KILLA, Maklon Felipus and FERDINAND, Augusty Tae and WIDIYANTO, Ibnu,(February 2014), MEMBANGUN KAPABILITAS RELASIONAL CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada Industri Kreatif di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (174kB)
Download (174kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (155kB)
Download (155kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (98kB)
Download (98kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun kapabilitas relasional cerdas dalam menjembatani kesenjangan penelitian antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Perusahaan pada industri kerajinan kayu yang berada di wilayah Kota Bandung, Yogyakarta, dan Surakarta yang telah dianggap sebagai kota kreatif di Indonesia dijadikan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kombinasi purposive sampling dan convenience sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diberikan secara langsung kepada responden. Total data yang dapat dianalisis lebih lanjut sebanyak 191 responden. Analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural (Structural Equation Modeling – SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas relasional cerdas berperan sebagai pemediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Selain itu, ditemukan pula bahwa keunggulan penciptaan nilai dan keunggulan jejaring berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Sehingga, untuk meningkatkan kinerja pemasaran, maka perusahaan perlu membangun kapabilitas relasional cerdas dengan mengembangkan relasi bisnis yang menekankan aktivitas berbagi informasi dan pengetahuan, berkarakter resiprokal, dan berorientasi solutif.
Keywords : | entrepreneurial orientation, smart relational capability, social network quality, competitive advantage, marketing performance., orientasi kewirausahaan, kapabilitas relasional cerdas, kualitas jejaring sosial, keunggulan bersaing,kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11253 |