APRILIANA, Redita and DARWANTO, Darwanto,(29 June 2022), FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI E-COMMERCE (Studi Konsumen Muslim Kabupaten Pati). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (78kB)
Download (78kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (165kB)
Download (165kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Download (2MB)
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong terciptanya suatu
perdagangan elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-commerce. Electronic
commerce atau e-commerce merupakan bentuk perdagangan yang dilakukan secara online,
dengan memanfaatkan jaringan internet. E-commerce menjadi salah satu sarana yang
memberikan kemudahan bagi para konsumen di dalam penggunaannya.
Akan tetapi, di dalam berjalannya proses perdagangan elektronik tersebut banyak
faktor yang berpengaruh pada konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian, seperti
yang di alami oleh konsumen Muslim di Pati. Beberapa faktor yang mendasari penelitian ini
guna mengukur keputusan pembelian konsumen muslim di Pati pada situs e-commerce
diantaranya : kepercayaan konsumen, kemudahan penggunaan situs e-commerce, kualitas
pelayanan situs e-commerce, harga, dan variasi produk yang tersedia pada situs e-commerce.
Kendala dalam keyakinan konsumen akan produk yang diharapkan, kendala dalam
bertransaksi secara langsung, pelayanan yang kurang sesuai dengan yang diharapkan, harga
yang tidak sesuai dengan kemampuan membayar konsumen, serta variasi produk yang terbatas
menjadikan konsumen di Pati tertarik untuk melakukan transaksi pada situs e-commerce.
Penelitian ini menggunakan 100 orang responden untuk dijadikan sebagai sampel penelitian.
Sampel tersebut merupakan konsumen muslim di Pati yang menggunakan situs e-commerce.
Teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan non probabilitas sampling, sedangkan
jenis penarikan sampelnya menggukan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan
yaitu statistik deskriptif serta analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS
22.
Hasil yang diperoleh didalam penelitian yaitu kepercayaan berpengaruh positif serta
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di Pati pada situs e-commerce,
kemudahan memberikan pengaruh positif serta signifikan pada keputusan pembelian
konsumen muslim di Pati pada situs e-commerce, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di Pati pada situs e-commerce,
harga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian konsumen muslim di Pati
pada situs e-commerce, dan variasi produk memberikan pengaruh positif serta signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di Pati pada situs e-commerce.
Keywords : | trust, ease of use, service quality, prices, variety of products, purchase decision, muslim consummers, kepercayaan, kemudahan, kualitas pelayanan, harga, variasi produk, keputusan pembelian, konsumen muslim |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Redita Apriliana |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11266 |