KOMALA, Kokom and PUJIYONO, Arif,(30 June 2022), PERAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PANGAN DI KOTA SEMARANG (Studi pada UMKM Pangan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (234kB)
Download (234kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (125kB)
Download (125kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (255kB)
Download (255kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (271kB)
Download (271kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran etika bisnis Islam terhadap kinerja usaha UMKM Pangan melalui balanced scorecard seagai indikator pengukuran. Penelitian ini dilakukan pada pelaku usaha UMKM Pangan yang tersebar di Kota Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan berbagai sumber data berupa data primer dan data sekunder.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu untuk dijadikan responden. Kuesioner penelitian dibagikan kepada 98 orang pelaku usaha UMKM Pangan di Kota Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis persepsi pebisnis terhadap etika bisnis Islam, sedangkan untuk menganalisis peran etika bisnis Islam terhadap kinerja UMKM menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.2.8 untuk mengetahui path coeffecient dan pengaruh langsung maupun tidak langsung antar variabel.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perspektif finansial, bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran. Etika bisnis Islam memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap perspektif pelanggan. Namun demikian, etika bisnis islam dapat mempengaruhi terbentuknya ketiga kinerja lainnya yang akan mempengaruhi kinerja pelanggan.
Kata kunci : etika bisnis, kinerja, balanced sorecard, PLS-SEM, UMKM
Keywords : | business ethics, performance, balanced scorecard, PLS-SEM, MSME, etika bisnis, kinerja, balanced sorecard, PLS-SEM, UMKM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Kokom Komala |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 04:18 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 04:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11639 |