SUHERNA, Suherna and FERDINAND, Augusty Tae and WIDIYANTO, Ibnu and SUGIARTO, PH,SU.,(23 August 2014), MEMBANGUN KAPABILITAS PENETRASI PASAR BERKARAKTER FAMILIARITAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik Pada UMKM Industri Kecil Makanan dan Minuman Hasil PertanianDi Provinsi Banten). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (127kB)
Download (127kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (127kB)
Download (127kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (270kB)
Download (270kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas hubungan pelanggan,
kompetensi sosial kewirausahaan dan pengindraan pelanggan terhadap kapabilitas
penetrasi pasar berkarakter familiaritas sehingga tercapai kinerja pemasaran serta
bagaimana kualitas hubungan pelanggan ,intensitas jejaring bisnis dan pengindraan
pelanggan yang mempengaruhi kinerja pemasaran.
Penelitian mengambil sampel pada UMKM makanan dan minuman hasil
pertanian di Provinsi Banten. Populasi adalah seluruh pemilik/pengelola UMKM
makanan dan minuman hasil pertanian. Jumlah sampel 209 responden. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan wawancara langsung dengan responden
menggunakan metode sensus. Data sekunder diperoleh dari Disperindagkop, BPS
Provinsi Banten. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan kuantitatif.
Hasil analisis membuktikan bahwa kualitas hubungan pelanggan ,kompetensi
social kewirausahaan dan pengindraan pelanggan berpengaruh secara signifikan
terhadap kapabilitas penetrasi pasar berkarakter familiaritas sehingga mampu
meningkatkan kinerja pemasaran. Kompetensi social kewirausahaan berpengaruh
signifikan terhadap intensitas jejaring bisnis sehingga mampu meningkatkan kinerja
pemasaran. Temuan hasil penelitian lainnya adalah kualitas hubungan pelanggan dan
pengindraan pelanggan tidak terbukti mempengaruhi secara signifikan kinerja
pemasaran tetapi koefisien parameter bernilai positif artinya peningkatan kualitas
hubungan pelanggan dan pengindraan pelanggan masih diikuti dengan meningkatnya
kinerja pemasaran karena kualitas hubungan pelanggan dan pengindraan pelanggan
bukan faktor yang dominan mempengaruhi kinerja pemasaran.
Penelitian ini memberikan kontribusi menambah literature teori RBV , Modal
Sosial dan teori kewirausahaan. Dengan konsep baru yang dikembangkan untuk
disertasi ini yaitu kapabiltas penetrasi pasar berkarakter familiaritas. Kontribusi
manajerial adalah pengembangan kinerja pemasaran melalui kapabilitas penetrasi
pasar berkarakter familiaritas dan intensitas jejaring bisnis.
Keywords : | the penetration capabilityof markets that have (kinship) intimacy characters, intensity ofbusinessnetworking, marketing performance, kapabilitas penetrasi pasar berkarakter familiaritas, intensitas jejaring bisnis, kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11720 |