UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia)

PANE, Sri Gustina and FERDINAND, Augusty Tae and WAHYUDI, Sugeng and DJASTUTI, Indi,(5 August 2011), UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (290kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (405kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan teoretikal baru dalam menyelesaikan kontroversial konseptual mengenai hubungan orientasi pasar dan kinerja perusahaan, serta untuk menelusuri dan menganalisa proses pengembangan orientasi pasar. Penelitian dilakukan dengan metode survei terhadap tujuh Bank Pembangunan Daerah di Propinsi Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Selatan. Unit analisis adalah individu karyawan frontline yang menjabat sebagai teller, customer service,dan satuan pengaman (Satpam). Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 200 orang. Pengujian model penelitian empiris menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan beberapa software yaitu AMOS ver. 16.0, SPSS ver. 16.0, dan Microsoft Excell ver. 2003. Hasil penelitian menunjukkan orientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi pelayanan berbasis voluntarian, komitmen profesi berbasis voluntarian, penghargaan, dan kualitas pelayanan, tetapi orientasi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap pelatihan; pemberdayaan dan kepuasan kerja karyawan. Komitmen Profesi berbasis Voluntarian berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan dan kualitas pelayanan. Sedangkan orientasi pelayanan berbasis voluntarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelatihan, tetapi sebaliknya penghargaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Pemberdayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penghargaan, sedangkan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan.
Keywords : Customer Orientation, Service Orientation based Voluntarian, Professional Commitment based Voluntarian, Training, Empowerment, Reward, Job Satisfaction, and Quality of Service., Orientasi Pelanggan, Orientasi Pelayanan berbasis Voluntarian, Komitmen Profesi berbasis Voluntarian, Pelatihan, Pemberdayaan, Penghargaan, Kepuasan Kerja, dan Kualitas Pelayanan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:40
Last Modified: 21 Oct 2022 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item
View Item