ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE JD.id (Studi Pada Pengguna JD.id di Kota Semarang)

WULANDARI, Dyah Ayu and IDRIS, Idris,(7 December 2022), ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE JD.id (Studi Pada Pengguna JD.id di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (143kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menjadi pendorong perubahan dalam berbagai aspek, baik dari aspek perdagangan, pendidikan, pemasaran, dan banyak lagi. Salah satu yang pesat perkembangannya adalah di bidang bisnis yaitu munculnya online shop. Salah satu online shop yang turut meramaikannya adalah JD.id. Akan tetapi, keberadaan JD.id ini menjadi tergeser dari pesaingnya. Berbagai fenomena yang dialami JD.id seperti tidak menjadi Top Brand dalam situs jual beli online, tingkat loyalitas konsumen yang rendah, dan mendapat banyak keluhan dari konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Selain itu, adanya kontradiksi pada hasil penelitian terdahulu mengenai pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen juga menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu prosedur purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang diperoleh melalui pembagian kuesioner secara online. Responden penelitian merupakan konsumen pengguna JD.id yang berdomisili di Kota Semarang, berusia minimal 18 tahun, dan pernah melakukan transaksi melalui JD.id minimal dua kali pada tahun 2019-2022. Teknik analisis data diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Analysis Moment of Structural (AMOS). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dan juga kepuasan konsumen. Selanjutnya, kualitas layanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan konsumen juga bepengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian diterima. Temuan tersebut diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan dan acuan bagi JD.id untuk meningkatkan kepercayaan, kualitas layanan, kepuasan, dan loyalitas konsumen.
Keywords : Trust, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dyah Ayu Wulandari
Date Deposited: 21 Dec 2022 13:18
Last Modified: 21 Dec 2022 13:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item
View Item