PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI PADA PLATFORM SHOPEE DI MASA PANDEMI

NASHER, Eros Haidar and RAHARJO, Susilo Toto,(15 December 2022), PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI PADA PLATFORM SHOPEE DI MASA PANDEMI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat dalam bidang teknologi selama beberapa tahun ke belakang membuat manusia memiliki cara pandang baru dalam hal melakukan transaksi jual beli. Hal itu menyebabkan munculnya berbagai macam e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Shopee merupakan salah satu e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia pada tahun 2020, namun pada tahun 2021 tergantikan oleh Tokopedia yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Disaat semua beralih menjadi online dikarenakan pandemi covid-19 , namun Shopee tidak bisa memanfaatkan momen tersebut sehingga tertinggal oleh Tokopedia yang menempati urutan pertama pada pengunjung terbanyak di tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli secara online. (2) Pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli secara online. (3) Pengaruh pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z dan millennial rentang usia 18-40 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) dengan alat yang akan digunakan adalah PLS 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan variabel orientasi belanja terhadap minat beli secara online. Dengan Hasil nilai t statistik pengujian metode bootstrap menunjukkan angka sebesar 4.560. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan variabel kepercayaan online terhadap minat beli secara online. Dengan hasil nilai t statistik pengujian metode bootstrap menunjukkan angka sebesar 3.880. (3) Terdapat pengaruh positif variabel pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Dengan hasil nilai t statistik pengujian metode bootstrap menunjukkan angka sebesar 5.105. Kata Kunci: Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Pengalaman Pembelian, Minat Beli
Keywords : Shopping Orientation, Online Trust, Purchase Experience, Buying Interest, Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Pengalaman Pembelian, Minat Beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eros Haidar Nasher
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:09
Last Modified: 16 Jan 2023 08:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item
View Item