DETERMINAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT DI NEGARA EMERGING MARKET ASIA 2005-2020

ARIYANI, Anisa Dwi and FIRMANSYAH, Firmansyah,(21 December 2022), DETERMINAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT DI NEGARA EMERGING MARKET ASIA 2005-2020. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi determinan arus masuk Foreign Direct Investment (FDI) di negara emerging market Asia dengan menggunakan data panel pada tahun 2005-2020. Foreign Direct Investment (FDI) diakui sebagai kekuatan utama yang mengintegrasikan negara-negara berkembang ke dalam ekonomi dunia dan diharapkan menjadi faktor kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan seimbang. Hal ini menunjukkan bahwa penanaman modal asing telah memainkan peran penting dalam pembiayaan penanaman modal, penciptaan lapangan kerja dan lapangan kerja, yang telah menyebabkan upah dan pendapatan yang lebih tinggi, alih teknologi dan keterampilan manajemen asing, mendorong persaingan yang mengarah pada peningkatan produktivitas. Negara Emerging Market Asia merupakan negara-negara tuan rumah yang menjadi penerima aliran masuk Foreign Direct Investment (FDI) tertinggi dibanding negara emerging market lainnya. Bahkan di kondisi krisis, negara emerging market terutama wilayah Asia masih menjadi tujuan investasi karena ketahanannya terhadap guncangan krisis. Dalam menganalisis determinan Foreign Direct Investment (FDI) digunakan variabel Ukuran Pasar, Keterbukaan Perdagangan, Tingkat Suku Bunga, Pengendalian Korupsi, Tingkat Pendidikan dan Infrastruktur Telekomunikasi. Metode analisis yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM) Data Panel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Pasar, Pengendalian Korupsi dan Infrastruktur Telekomunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap aliran masuk Foreign Direct Investment. Variabel Tingkat Pendidikan ditemukan berpengaruh negatif terhadap aliran masuk FDI. Sedangkan variabel Keterbukaan Perdagangan dan Tingkat Suku Bunga tidak berpengaruh signifikan.
Keywords : Foreign Direct Investment (FDI), Emerging Market Asia, Panel Data, Fixed Effect Model (FEM), Foreign Direct Investment (FDI), Emerging Market Asia, Data Panel, Fixed Effect Model (FEM)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Anisa Dwi Ariyani
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:24
Last Modified: 13 Jan 2023 08:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item
View Item