ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEGRADASI LINGKUNGAN DI NEGARA BRICS

DEWANTARA, Erich and PUJIYONO, Arif,(27 March 2023), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEGRADASI LINGKUNGAN DI NEGARA BRICS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dapat menimbulkan degradasi lingkungan sebagai akibat dari kegiatan ekonomi suatu negara. Program Tujuan Pembangunan Milenium dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dilaksanakan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan menjaga kelestarian lingkungan bersamaan dengan peningkatan ekonomi negaranya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis Environmental Kuznets Curve serta menganalisis faktor yang mempengaruhi degradasi lingkungan di negara BRICS selama periode tahun 1989-2020. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan metode least square dummy variable. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari satu variabel dependen, yaitu karbon dioksida per kapita, serta tujuh variabel independen, yaitu PDB per kapita, PDB per kapita kuadrat, konsumsi bahan bakar fosil, konsumsi energi terbarukan, keterbukaan perdagangan, pertumbuhan penduduk, dan dummy program pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Environmental Kuznets Curve tidak terbukti di negara BRICS. Konsumsi bahan bakar fosil dan pertumbuhan penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap degradasi lingkungan, keterbukaan perdagangan tidak berpengaruh terhadap degradasi lingkungan, sedangkan konsumsi energi terbarukan dan program pembangunan berkelanjutan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap degradasi lingkungan.
Keywords : Environmental Kuznets Curve, BRICS, MDGs and SDGs, Least Square Dummy Variable., Environmental Kuznets Curve, BRICS, MDGs dan SDGs, Least Square Dummy Variable.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: ERICH DEWANTARA
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:10
Last Modified: 17 Apr 2023 06:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item
View Item