ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PEMILIK RUMAH BERBASIS TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (STUDI KASUS PERUMAHAN METROPOLITAN LAND CIBITUNG)

FADHILATUSYAFANGAH, Alfi and REJEKININGSIH, Tri Wahyu,(5 July 2023), ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PEMILIK RUMAH BERBASIS TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (STUDI KASUS PERUMAHAN METROPOLITAN LAND CIBITUNG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ketimpangan yang terjadi di Indonesia, mendorong masyarakatnya untuk urbanisasi ke wilayah perkotaan. Hal ini mendorong peningkatan kebutuhan rumah di wilayah tersebut. Dalam keadaan ini, perumahan Metropolitan Land Cibitung tidak dapat memanfaatkan peluang dengan baik. Kinerja penjualan masih kalah saing. Diperlukan penelusuran persepsi konsumen pada perumahan tersebut sebagai bahan menyusun strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner pada 100 konsumen dengan metode proportional random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Diperoleh hasil bahwa harga rumah TOD dan developer tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen. Sementara, pendapatan, aksesibilitas, fasilitas dan bangunan berpengaruh signifikan. Ini menyiratkan bahwa persepsi konsumen lebih dipengaruhi oleh pendapatan dan selera pada produk. Hal ini dikarenakan persepsi konsumen lekat dengan pengukuran utilitas yang diterimanya. Aksesibilitas menjadi aspek yang paling berpengaruh. Oleh sebab itu, diperlukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi yang terjadi sehingga strategi pemasaran yang tersusun dapat memberikan hasil yang maksimal.
Keywords : Consumer Perception, Transit Oriented Development, Likert Scale, Multiple Linear Regression, Persepsi Konsumen, Transit Oriented Development, Skala Likert, Regresi Linear Berganda
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Alfi Fadhilatusyafangah
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:49
Last Modified: 04 Aug 2023 01:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item
View Item