ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN ISLAM TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN TREN RACUN TIKTOK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

SYAMSUDDIN, Nadia Mufida and HAYATI, Banatul,(11 September 2023), ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN ISLAM TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN TREN RACUN TIKTOK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (145kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan Islam terhadap pembelian Impulsif pada mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Diponegoro dengan Tren Racun TikTok sebagai Variabel Moderasi. Adapun Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa aktif di program studi Ekonomi Islam di Universitas Diponegoro. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dihimpun melalui metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Metode statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Dengan Menguji variabel Pengetahuan, Perilaku, dan Sikap keuangan Islam terhadap Pembelian Impulsif, serta menguji Racun TikTok sebagai variabel moderasi. Hasil Penelitian ini adalah Pengetahuan Keuangan Islam berpengaruh negatif dan signifikan sedangkan Perilaku dan Sikap Keuangan Islam berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Serta Racun TikTok dapat berperan sebagai variabel moderasi pada Pengetahuan keuangan Islam sedangkan tidak menjadi variabel moderasi pada Perilaku dan Sikap keuangan Islam.
Keywords : Islamic Financial Literacy, Islamic Financial Knowledge, Islamic Financial Behavior, Islamic Financial Attitude, Impulsive Buying, Racun TikTokcTrend, Electronic Word of Mouth (EWOM), Literasi Keuangan Islam, Pengetahuan Keuangan Islam, Perilaku Keuangan Islam, Sikap Keuangan islam, Pembelian Impulsif Racun TikTok, EWOM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nadia Mufida Syamsuddin
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:13
Last Modified: 13 Nov 2023 01:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item
View Item