RERUNG, Novianti Tandi and KAWEDAR, Warsito,(25 October 2023), PENGARUH PENGETAHUAN, SOSIALISASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI ATAS EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Pelaku UMKM di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (39kB)
Download (39kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (39kB)
Download (39kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (139kB)
Download (139kB)
Text (Fulltex PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan perpajakan,
sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan
terhadap kepatuhan wajib pajak. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wajib pajak pelaku UMKM di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 149 responden.
Penelitian ini menggunakan metode survei melalui penyebaran angket
(kuesioner). Kuesioner tersebut disebar melalui google form secara langsung dan
tidak langsung melalui pesan serta bantuan pihak ketiga yang menjadi perantara
kepada wajib pajak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan,
sosiasialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas sistem
perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku
UMKM di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketika pengetahuan
perpajakan, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan persepsi atas efektivitas
sistem perpajakan meningkat, kepatuhan wajib pajak pun akan meningkat.
Keywords : | Tax knowledge, tax socialization, service quality, perception of the effectiveness of the tax system, taxpayer compliance, Pengetahuan perpajakan, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, persepsi atas efektivitas sistem perpajakan, kepatuhan wajib pajak |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Novianti Tandi Rerung |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13566 |