ASSADEL, Nizam and PERDHANA, Mirwan Surya,(12 February 2024), THE IMPACT OF SPONSORSHIP ON COMPANY PERFORMANCE IN SPORT INDUSTRY (CASE STUDY OF PERSIJAP JEPARA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (161kB)
Download (161kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (154kB)
Download (154kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (152kB)
Download (152kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (272kB)
Download (272kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (833kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (833kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sponsorship dalam kinerja perusahaan di bidang olahraga dengan menggunakan Persijap Jepara sebagai studi kasus. Sepakbola merupakan olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia dan juga di Indonesia dan penelitian yang berkaitan dengan pengaruh sponsorship terhadap tim Sepakbola masih belum banyak, terlebih industri sepakbola Indonesia masih berkembang dan ketergantungan terhadap sponsor masih cukup besar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki pengalaman lapangan secara nyata terhadap topik yang diangkat. Selain mengumpulkan informasi yang dikumpulkan langsung oleh peneliti kepada narasumber tanpa perantara untuk menemukan sumber asli secara langsung melalui responden, penelitian ini juga mengumpulkan informasi dari perpustakaan penelitian, jurnal, dan artikel.
Penelitian ini menemukan bahwa industri sepak bola di Indonesia dalam hal ini Persijap Jepara masih sangat bergantung pada sponsorship sebagai sumber pendanaan utama, selain itu sponsorship juga dapat memberikan bantuan kepada tim dengan memberikan bantuan non finansial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sponsor memiliki pengaruh yang besar terhadap tim sepakbola terutama dalam bidang finansial, namun pengaruh sponsor tidak mutlak dimana pengalokasian dana terletak pada manajemen tim. Keputusan strategis yang berkaitan dengan kesiapan tim seperti
Keywords : | Sponsorship, Team Performance, Football, Sponsor, Performa tim, Sepak bola |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nizam Assadel |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:06 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:06 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13901 |