HANINDAPUTRA, Rokh Yanuarrizky and BATU, Kardison Lumban,(15 February 2024), ANTESEDEN BRAND ATTITUDE (Studi Kasus pada Konsumen Kopi Janji Jiwa di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (235kB)
Download (235kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (278kB)
Download (278kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (485kB)
Download (485kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (258kB)
Download (258kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Beberapa tahun terakhir industri kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan
yang pesat. Menurut data dari laporan euromonitor yang menyebutkan penjualan
kopi siap minum tahun 2012-2023 di Indonesia konsisten meningkat. Peningkatan
tersebut terjadi tidak lepas dari semakin menjamurnya kedai kopi di Indonesia dan
salah satunya adalah Kopi Janji Jiwa. Kopi Janji Jiwa merupakan salah satu kedai
kopi lokal yang besar, hal tersebut dapat dibuktikan dengan hingga saat ini telah
memiliki 900 outlet di seluruh Indonesia. Namun, menurut Top Brand Award Kopi
Janji Jiwa belum konsisten berada di peringkat satu walaupun selalu menduduki
peringkat atas. Selain fenomena tersebut, terjadi inkonsistensi dari penelitian
terdahulu yaitu antara social media content terhadap brand attitude. Dari fenomena
dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab
kesenjangan antara social media content terhadap brand attitude pada konsumen
Kopi Janji Jiwa di Jawa Tengah melalui interactivity, positive word of mouth, dan
brand personality.
Konsep model kerangka dalam penelitian ini dikembangkan dari social
media content, interactivity, positive word of mouth, brand personality, dan brand
attitude yang bersumber dari teori dan penelitian terdahulu. Data dalam penelitian
ini didapatkan dengan pengumpulan kuesioner secara daring dengan pertanyaan
terbuka dan tertutup dan mendapatkan 187 responden. Responden yang dicari
memiliki kriteria adalah konsumen Kopi Janji Jiwa yang mengetahui media sosial
Kopi Janji Jiwa, pernah mengkonsumsi produk Kopi Janji Jiwa, dan berdomisili di
Jawa Tengah. Hasil dari data kuesioner kemudian dianalisis secara kuantitatif
struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling)
pada program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24.
Pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa positive word of mouth dan
brand personality memperkuat hubungan antara social media content terhadap
brand attitude dengan membawa pengaruh positif dan signifikan. Social media
content berpengaruh positif dan signifikan terhadap interactivity, positive word of
mouth, dan brand personality. Positive word of mouth dan brand personality
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude. Namun, terdapat
penolakan hipotesis yang negatif dan tidak signifikan yaitu interactivity terhadap
brand attitude. Implikasi manajerial yang dapat diambil dari penelitian ini adalah
memberikan pertimbangan terhadap Kopi Janji Jiwa berkaitan pengelolaan konten
media sosial.
Keywords : | Social Media Content, Interactivity, Positive Word of Mouth, Brand Personality, Brand Attitude, Social Media Content, Interactivity, Positive Word of Mouth, Brand Personality, Brand Attitude |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Rokh Yanuarrizky Hanindaputra |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 04:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13917 |