APAKAH DENGAN MEMILIKI SPRITUALITAS DI TEMPAT KERJA AKAN MEMBUAT GURU MERASA LEBIH TERLIBAT? MENELITI PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pemalang)

WIBOWO, Erwin Sya'ban Ardi and ANDRIYANI, Andriyani,(8 May 2024), APAKAH DENGAN MEMILIKI SPRITUALITAS DI TEMPAT KERJA AKAN MEMBUAT GURU MERASA LEBIH TERLIBAT? MENELITI PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pemalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (313kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (396kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (447kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak positif dari workplace sprituality terhadap keterlibatan karyawan, dengan mempertimbangkan kecerdasan emosional sebagai mediator. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner menggunakan Google Form dan melalui sesi wawancara. Metode sampling yang digunakan adalah sensus, mencakup seluruh populasi 50 guru (ASN dan PPPK) di SMA Negeri 2 Pemalang, Jawa Tengah. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) edisi 3 Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa workplace spirituality dan kecerdasan emosional berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap keterlibatan pegawai. Peran kecerdasan emosional juga ditemukan sebagai variabel mediator dalam hubungan antara workplace spirituality dan keterlibatan pegawai. Dengan demikian, kecerdasan emosional berfungsi sebagai perantara antara praktik workplace sprituality dan keterlibatan pegawai untuk terus memberikan kontribusi maksimalnya kepada sekolah
Keywords : Workplace spirituality, Emotional intelligence, Employee engagement, Workplace Sprituality, kecerdasan emosional,keterlibatan pegawai
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Erwin Sya'ban Ardi Wibowo
Date Deposited: 28 May 2024 10:16
Last Modified: 28 May 2024 10:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item
View Item