ANALISIS INTERAKSI SPASIAL PADA KOMPETISI PAJAK TERHADAP FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DI ASEAN-6 TAHUN 2000 - 2022

CAHYANINGRUM, Rifkah Siwi and PURWANTI, Evi Yulia,(17 May 2024), ANALISIS INTERAKSI SPASIAL PADA KOMPETISI PAJAK TERHADAP FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DI ASEAN-6 TAHUN 2000 - 2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (162kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kompetisi pajak antar negara masih terjadi di ASEAN-6 (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam) dikhawatirkan berdampak pada menurunnya kualitas penyediaan barang dan pelayanan publik. Adanya integrasi ekonomi dan kedekatan letak geografis ASEAN-6 menimbulkan interaksi spasial pada penurunan tarif CIT. Di satu sisi, berdasarkan teori eklektik tarif CIT yang semakin rendah menjadi faktor penarik Foreign Direct Investment (FDI). Maka, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh CIT, nilai tukar, angkatan kerja, Produk Domestik Bruto (PDB) dan keterbukaan perdagangan, serta pengaruh pembobot spasial pada variabel CIT terhadap FDI. Penelitian ini menggunakan data panel ASEAN-6 periode 2000 hingga 2022. Data tersebut dianalisis menggunakan regresi data panel Fixed Effect Model (FEM), dilanjutkan dengan analisis regresi spasial (Spatial Autoregressive Model, Spatial Durbin Model, Spatial Error Model) untuk mengetahui interaksi spasial kebijakan CIT terhadap FDI. Hasil penelitian menunjukkan CIT tidak berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap FDI di ASEAN-6 karena terdapat faktor – faktor non pajak yang turut mempengaruhi keputusan investor, proksi CIT yang kurang tepat, dan kompleksitas CIT. Pembobot spasial pada CIT yang tidak signifikan menunjukkan tidak terkonfirmasinya Tobler’s first law of geography di ASEAN-6, dimana CIT tidak berpengaruh terhadap FDI di negara lain. Sedangkan, variabel nilai tukar berpengaruh negatif, angkatan kerja dan PDB berpengaruh positif dalam menarik FDI. Berbeda dengan variabel tersebut, keterbukaan perdagangan tidak berpengaruh terhadap FDI di ASEAN-6. Kata kunci: Kompetisi pajak, Corporate Income Tax (CIT), Foreign Direct Investment (FDI), analisis regresi spasial.
Keywords : Tax competition, Corporate Income Tax (CIT), Foreign Direct Investment (FDI), spatial regression analysis., Kompetisi pajak, Corporate Income Tax (CIT), Foreign Direct Investment (FDI), analisis regresi spasial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Rifkah Siwi Cahyaningrum
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:33
Last Modified: 04 Jun 2024 03:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item
View Item