Pengaruh Modal Kerja,Pertumbuhan Penjualan, dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

SAKFRASANI, Fifi and PURWANTO, Agus,(19 February 2024), Pengaruh Modal Kerja,Pertumbuhan Penjualan, dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak Inggris] Text (Abstrak Inggris) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Full Text PDF Bookmarks] Text (Full Text PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh modal kerja, pertumbuhan penjualan dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan menggunakan ROE (Return On Equity) dan nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin’s Q. Variabel independen dalam penelitian ini adalah modal kerja yang diukur menggunakan WCTO (Working Capital Turn Over), pertumbuhan penjualan (sales growth) dengan menghitung peningkatan penjualan suatu perusahaan dari satu periode ke periode selanjutnya, serta leverage yang diukur menggunakan rasio DER (Debt to Equity Ratio). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Total sampel penelitian yang digunakan sejumlah 27 perusahaan berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bloomberg database. Metode analisis data pada penelitian menggunakan analisis satatistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil statistik dari penelitian ini memberikan bukti bahwa modal kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh secara negative dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan variabel pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel modal kerja, pertumbuhan penjualan dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. hasil penelitian ini menunjukkan modal kerja, pertumbuhan penjualan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan.
Keywords : Working Capital Turn Over (WCTO), Sales Growth, Leverage, Debt to Equity Ratio (DER), Profitability, Return On Equity (ROE), Company Value, (Tobin; s Q)., Working Capital Turn Over (WCTO), Pertumbuhan Penjualan (Sales Growth), Leverage, Debt to Equity Ratio (DER), Profitabilitas, Return On Equity (ROE), Nilai Perusahaan (Tobin;s Q).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Fifi Sakfrasani
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:03
Last Modified: 24 Jun 2024 01:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item
View Item