PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG GREEN PACKAGING, DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DENGAN KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN WILLINGNESS TO PAY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Makanan UMKM Di Kota Semarang)

PRAWIROHARDJO, Bagus Rahmandhito Nurutomo and YOESTINI, Yoestini,(12 June 2024), PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG GREEN PACKAGING, DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DENGAN KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN WILLINGNESS TO PAY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Makanan UMKM Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (48kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (150kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena gap peningkatan trend produksi dan konsumsi plastik di Indonesia, dengan data juga menunjukkan peningkatan penggunaan kemasan plastik di UMKM makanan bertolak belakang dengan adanya kebijakan pemerintah yang mendukung adanya pengurangan penggunaan kemasan plastik dan juga himbauan untuk mengurangi sampah plastik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan tentang kemasan ramah lingkungan, dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian produk makanan dengan kemasan ramah lingkungan dengan kesediaan untuk membayar sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen makanan UMKM di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 170 konsumen makanan UMKM yang berdomisili di kota Semarang, berusia 18 tahun ke atas dan pernah melakukan pembelian makanan dari UMKM. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan Google Form. Metode analisis data menggunakan structural equation modelling. Pengetahuan tentang kemasan ramah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesediaan untuk membayar dan keputusan pembelian produk makanan dengan kemasan ramah lingkungan namun kesadaran lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kesediaan untuk membayar dan keputusan pembelian produk makanan dengan kemasan ramah lingkungan. kesediaan untuk membayar berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan dengan kemasan ramah lingkungan serta memediasi hubungan antara pengetahuan tentang kemasan ramah lingkungan dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian produk makanan dengan kemasan ramah lingkungan.
Keywords : knowledge about green packaging, environmental awareness, willingness to pay, purchasing decisions, environmentally friendly packaging, pengetahuan tentang kemasan ramah lingkungan, kesadaran lingkungan, kesediaan untuk membayar, keputusan pembelian, kemasan ramah lingkungan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Bagus Rahmandhito Nurutomo P
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:22
Last Modified: 26 Jun 2024 04:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item
View Item