PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, LIVE STREAMING SHOPPING, DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Masyarakat Muslim Kota Semarang)

FIRAWATI, Anisa and SETIAWAN, Achma Hendra,(20 June 2024), PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, LIVE STREAMING SHOPPING, DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Masyarakat Muslim Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Internet yang terus berkembang menjadi kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, sosial, dan ekonomi. Pengguna internet cenderung mengikuti tren yang menyebar dengan cepat karena mereka tidak ingin ketinggalan dan ingin tetap up to date. Hal ini memicu perilaku membeli impulsif. Pengaruh konsumen yang tiba-tiba membeli suatu produk dapat disebabkan oleh promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang berpotensi meningkatkan impulsif pembelian pelanggan di marketplace Shopee. Faktor eksternal meliputi celebrity endorsement, livestream dan flash sale, sedangkan faktor internal adalah kepuasan yang dirasakan konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi penelitian meliputi masyarakat Muslim Semarang sebagai pengguna aplikasi Shopee. Jumlah populasi tidak diketahui secara pasti, sehingga peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan pengujian data menggunakan program SPSS Statistics 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement, live streaming shopping, dan flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada marketplace Shopee. Variabel yang paling dominan yaitu live streaming shopping. Seluruh variable, yakni celebrity endorsement, live streaming shopping, dan flash sale baik secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada marketplace Shopee.
Keywords : impulse buying, celebrity endorsement, live streaming, flash sale, and shopee marketplace, impulsive buying, endorsement celebrity, livestream, dan flash sale, dan marketplace shopee
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Anisa Firawati
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:39
Last Modified: 01 Jul 2024 07:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item
View Item